Tinggal di Daerah Rawan Bencana, Ini yang Harus Diperhatikan Agar Rumah Tetap Aman

persiapan menghadapi banjirSemua orang tentu mengingkan hunian yang aman dan tahan terhadap berbagai gangguan, baik itu gangguan kerusakan akibat cuaca atau pun bencana. Seyogyanya kita memilih tempat yang aman dan bebas bencana untuk membangun sebuah rumah yang akan kita tempati. Lalu bagaimana jika tidak ada pilihan lain? Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar rumah kita tetap kuat dan kokoh tahan terhadap bencana.

Bencana alam merupakan salah satu ketentuan dan kehendak dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Kita selaku umat manusia tidak dapat menghalangi atau pun mendatangkannya. Salah satu bencana alam yang kerap melanda beberapa daerah di negara kita adalah bencana banjir. Saat musim penghujan tiba, daerah- daerah yang rawan terhadap banjir pasti akan mengalami kesulitan akibat bencana yang satu ini seperti rumah dijual di jakarta. ada yang berasal dari alam ada juga yang diakibatkan oleh ulah manusia.

Dreainase yang kurang baik, saluran air yang tidak berfungsi dengan baik, kurangnya lahan hijau, serta sampah yang menggunung merupakan beberapa faktor penyebab bencana bajir. Banjir akan menimbulkan berbagai kerugian dan kerusakan. Salah satunya adalah kerusakan di rumah kita. Dinding rumah yang sering terendam banjir akan cepat mengalami kerusakan. Timbulnya jamur, cat yang mengelupas, hingga munculnya retakan- retakan kecil. Dan tak ketinggalan munculnya berbagai sumber penyakit.

rumah anti banjirSelain itu perabotan di rumah pun akan cepat rusak apabila sering terendam banjir. Agar rumah kita tahan terhadap banir ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Pertama, buat pondasi rumah yang lebih tinggi, buat dinding yang lebih tebal agar tidak mudah rusak ketika diterjang air banjir, perhatikan saluran air di sekitar rumah, baik itu saluran pembuangan air, atau pun selokan. Dan yang terakhir adalah perlunya resapan air atau biopori di sekitar rumah. kita bisa membuatnya di beberapa titik di halaman rumah. jangan lupa pula maksimalkan halamna yang kita miliki untuk menanam berbagai jenis tumbuhan.

Selamat mencoba mengaplikasikan beberapa tips sederhana tersebut. Semoga dapat membantu dan menjadikan rumah Anda tahan dan terhindar dari yang namanya banjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *