Tetap Sehat Walaupun Puasa

Puasa merupakan saat yang tepat untuk mengubah kebiasaan buruk seperti merokok, makan makanan fast foot dan kebiasaan lainnya menjadi kebiasaan yang lebih baik. Hukum puasa memang wajib namun tidak memaksa karena apa gunanya bila kita puasa namun hati menggerutu setiap hari. Puasa menurut Wikipedia adalah sebuah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman serta perbuatan buruk.

Berpuasa Dengan Tubuh Sehat

Walaupun puasa, kita bisa tetap sehat dan bugar asalkan kita tahu cara berpuasa yang baik. Cara berpuasa yang baik membantu kita menuaikan ibadah puasa dengan maksimal dan tubuh tetap sehat. Gimana sih caranya? Berikut cara puasa yang baik dilansir dari artikel di Nutrionovereasy dan Onearabvegan:

Hal yang harus Dilakukan pas Puasa

  • puasaBerbuka dengan sesuatu yang sehat dan padat gizi seperti buah kurma. Buah kurma sih memang lebih disarankan karena kurma mengandung gula, vitamin dan mineral yang tinggi serta mudah dicerna oleh tubuh yang sudah berpuasa seharian. Agar lebih enak lagi, tambahkan makanan dari suku kacang-kacangan.
  • Selain kacang dan buah kurma, tambah asupan tubuh dengan jus buah segar serta air putih. Manusia bisa bertahan tanpa makan untuk beberapa hari namun tidak tanpa minuman karena komposisi tubuh manusia lebih banyak air / cairan.
  • Hal yang tidak boleh Dilakukan pas Puasa
  • Hindari merokok karena selain disebut habit yang jelek, merokok juga membuat kita kehilangan nafsu makan dan nantinya tubuh tidak akan mendapatkan asupan gizi yang cukup karena kita sudah tidak nafsu makan.
  • Jangan konsumsi minuman berkafein dan bersoda seperti kopi, teh dan minuman bersoda pada saat berbuka puasa dan sahur. Minuman berkafein ternyata dapat membuat kita terserang maag. Sakit maag terjadi ketika kita mengkonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya pas perut sedang kosong. Jangan sampai segelas minuman berkafein menghancurkan puasa.
  • Jangan makan secara berlebihan. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik begitu juga makan. Banyak dari kita balas dendam (makan sebanyak-banyaknya) ketika berbuka dan sahur karena menganggap bahwa diri kita butuh asupan yang cukup agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar. Wew, masalahnya adalah cara pemikiran itu salah. Makan terlalu banyak membuat lambung kita susah mencernanya. Bayangkan, seharian kita mengosongkan lambung lalu tiba-tiba pas berbuka kita memasukan makan dalam jumlah banyak tentu saja lambung akan kaget. Bukannya enak, malahan nanti kembung dan badan menjadi lesu.
  • Hindari minum selama sedang makan karena dapat menghambat percernaan yang akan dilakukan oleh lambung.
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula terlalu banyak. Ingat gula yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan. Apalagi gula termasuk salah satu pemicu kanker dan tumor otak.
  • Hindari makanan pedas karena tidak sehat bagi lambung yang sudah diajak puasa seharian.

Hal yang harus Dilakukan pas Puasa

  • Berbuka dengan makanan ringan terlebih dahulu seperti sup, salad, buah, jus segar atau kurma. Satu jam kemudia barulah mengkonsumsi makanan berat seperti nasi.
  • Makan denagn pelan-pelan alias makan dikunyah kurang  lebih 32 kali agar makanan bisa mudah diproses oleh tubuh.
  • Konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak sehat seperi kacang-kacangan, biji-bijian, ikan dan salmon. Sangat disarankan dikonsumsi pas sahur karena makanan ini membantu kita tetap segar selama masa puasa.
  • Tetap kerjakan tugas dan kerjaan dengan baik. Hanya hindari berdiri di area terbuka yang panas untuk waktu yang lama. Karena semakin panas kondisi dimana kita berada akan cepat membuat kita dehidrasi alias kehausan. Jaga agar kita tidak dehidrasi.
  • Pada saat berbuka sampai sahur pastikan kita minum setidaknya 8 gelas air putih. Ingat tubuh manusia membutuhkan air / cairan.
  • Jangan lupa tetap gosok gigi setiap selesai berbuka dan setelah sahur, untuk memastikan mulut bersih dan tidak akan sakit tenggorak selama berpuasa.
  • Bila merasa tubuh mau sakit, coba pas berbuka dan sahurnya konsumsi buah – buah segar yang dijus tanpa gula. Salah satu buah yang disarankan adalah jambu merah. Dan tidak ada salahnya mengkonsumsi vitamin pas mau tidur dan selesai sahur untuk menjaga stamina tubuh.

Manfaat Puasa

Puasa memiliki berbagai manfaat selain mendekatkan diri kepada Yang Diatas seperti

  • Perbaikan kebiasaan lama karena saat puasa bukan hanya puasa makanan namun juga sikap atau kebiasaan lama.
  • Selama puasa kita tidak segaja telah melakukan detoxin tubuh (selama kita tidak berbuka dengan makanan yang tidak sehat).

Semoga artikel informasi Tetap Sehat Walaupun Berpuasa ini membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *