Tetap Hemat Energi Saat Pakai AC

Saat cuaca sedang panas, air conditioner / AC menjadi penyelamat di saat terik matahari mulai membuat tubuh terpanggang jadi tidak heran bila AC akan terus menerus dinyalahkan selama cuaca panas. Akibat AC yang terus dinyalahkan, tagihan listrik Anda pastinya membengkak. Tagihan listik yang membengkak tentu saja akan mempengaruhi tabungan dan pengeluaran Anda perbulannya. Semakin tinggi tagihan listrik, Anda terpaksa berhemat di area lain. Gimana cara menurunkan tagihan listrik walaupun AC tetap digunakan?

Tips Hemat Energi Ketika Menggunakan Air Conditioner

Berikut ini ada lima tips hemat enair conditionerergi saat pakai Air Conditioner yang bisa Anda terapkan:

Atur Thermostat

Jika Anda menggunakan AC Central yang menggunakan sistem thermostat, Anda bisa menggunakan sistem ini untuk menghemat energi dengan cara meningkatkan panas secara signifikan selama rumah atau ruangan kosong pada saat pagi – siang. Pada malam hari, jangan mengatur suhu terlalu rendah.

Gunakan Timer

Pada sebelum tidur, gunakan timer untuk mematikan setelah 5-6 jam kemudian. Ini untuk memastikan Anda tidak akan kedinginan saat tidur. Perlu Anda ketahui bahwa pada saat tidur, tubuh akan secara otomatis akan menurunkan suhu tubuh agar tubuh semakin nyenyak sehingga Anda akan merasa lebih dingin pada saat tidur daripada saat Anda bangun.

Matikan AC Pada Rumah Kosong

Pada saat Anda bepergian dalam waktu yang lama dan rumah kosong, sangat disarankan AC dimatikan. Selain menghindari pembuang energi secara percuma, hal ini dilakukan mencegah terjadinya konslet yang bisa berujung kebakaran.

Membersihkan Filter

Filter yang kotor akan mengurangi efisiensi kerja AC. Boleh dibilang filter yang kotor akan membuat AC mengkonsumsi energi lebih banyak. Semakin banyak energi yang dikonsumsi semakin membengkak biaya yang dikeluarkan. Periksa saringan udara / filter secara berkala dan bersihkan. Kalau bisa ganti filter dalam 5-6 bulan.

Lakukan Maintance Secara Berkala

Lakukanlah pemeriksaan berkala setiap tahunnya. Untuk pemeriksaan ini, gunakanlah jasa professional yang sudah berpengalaman karena mereka mempunyai kemampuan untuk mendiagnosa setiap masalah AC dan melakukan pencegahannya.

Gunakan Air Conditioner Biasa daripada Central

AC biasa yang mendinginkan satu ruangan ternyata membutuhkan energi lebih sedikit dari pada AC Central. Memang AC Central lebih mudah diatur namun coba pikir mana yang lebih hemat dalam penggunaan energi dan budget keuangan Anda.

Semoga artikel Tetap Hemat Energi Saat Pakai Air Conditioner. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *