Terdapat 1000 TV Kabel Ilegal Di Sulsel

Sulsel merupakan singkatan untuk Sulawesi Selatan, salah satu provisi di Negara Indonesia. Menurut berita Kompas Online, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel menyatakan bahwa setidaknya ada 1000 operator TV kabel ilegal pada tahun 2010. Berdasarkan data yang dikumpulkan KPID pada tahun 2008 saja sudah ada sekitar 750 operator operator ilegal atau beroperasi tanpa adanya izin jadi tidak heran bahwa KPID Sulsel sangat yakin ada 1000 operator ilegal pada tahun 2010.Untuk menanggulangi operator illegal, dikeluarkanlah peraturan daerah (Perda) Sulsel pada tahun 2011 mengenai perizininan operator tidak akan dipungut biaya.

TV KabelAswar Hasan sebagai Ketua KPID Sulsel menyatakan bahwa mereka harus mengawasi siaran-siaran karena kebanyakan siaran di Sulsel tidak sesuai dengan nilai budaya serta etika yang ada dalam masyarakat Sulsel. Tugas ini dimasukkan dalam perencanaan kerja KPID Sulsel periode 2010-2013. Penetapan kerja ini dilakukan setelah melihat rata-rata siaran yang ditonton merupakan siaran dari luar negeri yang tidak disensor.

Sebagai langkah pertamanya, Aswar meminta Komisi A dari DPRD Sulsel untuk membuat peraturan khusus mengenai TV berkabel agar bisa digunakan sebagai pedoman kerja KPID Sulsel. Kan tidak lucu, bila kerja namun tidak ada peraturan, batas serta pedomannya – nanti hasilnya bukannya baik malah hancur.

Gimana pendapat para pengguna TV kabel jika kebanyakan siaran akan diblokir atau disensor?Yang pasti KPID Sulsel terus berusaha denga cepatnya agar Perda khusus yang mengatur tentang siaran TV berkabel bisa disetujui dan bisa diterapkan dalam periode 2010 – 2013.

Tips Memilih TV Kabel Legal

Dikarenakan semakin banyak operatol ilegal, Anda harus berhati-hati dalam memilih operator yang tepat. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna:

  • Cari tahu operator untuk TV berkabel di daerah Anda.
  • Buatlah daftarnya dan lakukan pengecekan. Biasanya Operator legal terkenal seperti First Media dan Max3 dan gampang ditemukan daripada operator lain.
  • Biasanya ketika memutuskan untuk memasangnya, Anda akan diberikan surat perjanjian.

Semoga informasi TV Kabel Ilegal ini membantu, Salam. -hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *