Terapi Khusus Penderita Nyeri Sendi

Makanan sehat emang dibutuhkan untuk mengurangi penyakit nyeri sendi tetapi makanan saja tidak cukup. Beberapa penelitian yang ditulis dalam sebuah artikel Daily Mail mengatakan bahwa ada beberapa penelitian yang telah dilakukan. Terapi ini biasanya digunakan untuk melengkapi pengobatan ortodok untuk arthritis (radang sendi).

Terapi Nyeri Sendi

Beberapa terapi bisa dilakukan sendiri di rumah sehingga kapan saja bisa dilakukan. Berikut contoh terapi rumah yang bisa dilakukan:

  • terapi sendiHydrotherapy kenal sebagai sebutan untuk olahraga di dalam air hangat / panas yang telah disesuaikan dengan kondisi dan suhu tubuh. Sebenarnya olahraga ini bisa dilakukan sendiri namun ada baiknya menggunakan pendamping terutama Anda yang tidak bisa mengerakan badan secara leluasa karena tempat yang digunakan biasanya kolam.
  • Sauna merupakan sebuatan yang digunakan untuk sebuah kamar kecil yang dirancang khusus buat mengeluarkan keringat – kamar uap. Cara agar keringat keluar sangat mudah, karena pengunjung tinggal duduk manis didalam ruangan yang sudah dinaikan suhunya.  Tingkat suhu yang biasa digunakan dalam sauna adalah 70 – 100 cercius.
  • Berendam di air panas ternyata juga membantu. Bak berendam diisi dengan air hangat. Setelah membersihkan badan, Anda bisa berendam hingga airnya sudah mulai agak dingin; kurang lebih waktunya adalah 15 – 30 menit. Sebelum berendam, Anda bisa menambahkan bunga, herbal atau aroma terapi agar lebih relax dan mengurangi sakit pada sendi.
  • Ketika nyeri sendi sudah menyerang dan Anda tidak punya waktu untuk memanaskan air, cara yang ini mungkin bisa digunakan. Cara kali ini agak mudah karena menggunakan kompres es. Balut es dengan handuk yang tidak terlalu tebal atau gunakan botol kompres es khusus yang sudah banyak dijual dipasaran (es tinggal dimasukan ke botol kompres). Lalu letakan didaerah yang sakit. Perlahan-lahan dingin dari es akan membuat Anda tidak merasa sakit lagi dan mengurangi pembengkaan.
  • Melakukan yoga atau meditasi. Yoga dan meditasi membantu merelaksasikan, mengurangi ketagangan pada otot, ligamen dan sendi.

Selain 5 terapi nyeri sendi diatas, Anda bisa melakukan pijak refleksi atau akupuntur namun lebih baik konsultan terlebih dahulu ya sebelum melakukannya. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *