Tangan Kesemutan? Waspadai Beberapa Penyebabnya

tangan kesemutanKesemutan, adalah sensasi yang pastinya pernah dirasakan oleh semua orang. Ada yang sering merasakannya di area tangan, kaki, atau bahkan kepala. Biasanya, kesemutan terjadi ketika ada area tubuh yang mengalami penekanan, dan akan sembuh setelah penekanan tersebut hilang. Ada juga yang rutin mengonsumsi vitamin untuk kram kesemutan, biasanya dilakukan oleh orang yang cukup sering mengalami masalah ini.

Sebenarnya, kesemutan yang bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat, artinya tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, jika kesemutan khususnya yang terjadi pada area tangan tidak juga hilang setelah beberapa saat, maka Anda patut waspada. Sebab, bisa saja ini merupakan gejala untuk penyakit yang lebih serius, seperti yang tertulis dalam situs alodokter berikut ini:

  • Carpal Tunnel Syndrome

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) atau sindrom terowongan karpal adalah salah satu jenis kerusakan saraf. Penyebabnya yaitu tekanan berulang dan iritasi saraf medianus di tangan. Penderitanya biasanya akan mengalami kesemutan di area tangan pada malam hari. Selain itu, penderitanya juga akan kehilangan kekuatan untuk menggenggam dan mengalami gangguan koordinasi tangan. Kondisi ini sering dialami oleh seseorang yang melakukan gerakan tangan untuk pekerjaan yang sama terus-menerus. Seperti mengepak, menulis, dan sebagainya.

  • Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid Arthritis adalah peradangan kronis pada sendiri. Seseorang dengan kondisi ini bisa mengalami gejala seperti yang dialami penderita CTS, itulah sebabnya penyakit ini sering mengalami kesalahan diagnosis. Sebab, penderitanya hanya menjelaskan gejala CTS saat memeriksakan dirinya ke dokter. Namun sebenarnya, ada beberapa gejala lain yang sering dirasakan oleh penderita penyakit ini, antara lain jari yang hangat saat diraba, bentuk sendi yang abnormal, dan juga mengalami nyeri atau kekakuan sendi saat bangun tidur. Untuk membantu proses pengobatan, ada baiknya jika Anda menggambarkan semua keluhan yang dirasakan saat berobat.

  • Diabetes

Tangan kesemutan juga bisa terjadi akibat pembuluh darah kecil yang ada pada area tangan mengalami gangguan. Hal ini sering dialami oleh seorang penderita diabetes. Kondisi tersebut, bisa menimbulkan sensasi kesemutan pada tangan, hingga menyebabkan mati rasa.

  • Kerusakan saraf

Selain CTS, masih banyak kerusakan saraf lain yang bisa menimbulkan sensasi kesemutan pada area tangan. Kerusakan saraf ini bisa terjadi akibat adanya infeksi, cedera, atau penggunaan tangan secara berlebihan.

Meskipun tidak semua kesemutan merupakan tanda penyakit serius, ada baiknya jika Anda lebih waspada. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *