Tanda Kendaraan Anda Butuh di Tune Up

kendaraanMeskipun kendaraan sudah dilengkapi dengan oli mesin terbaik, akan tetapi sayangnya terkadang permasalahan yang muncul pada kendaraan pun tidak bisa dielakkan, salah satu contohnya komponen mesin rusak karena tidak pernah dilakukan tune up. Apa itu tune up? Tune up merupakan sebuah perawatan khusus yang harus dilakukan secara berkala pada bagian komponen mesin kendaraan. Tujuan dilakukan perawatan ini adalah untuk mengembalikan performa mesin kendaraan agar kembali prima.

Sebenarnya, untuk melihat apakah kendaraan Anda butuh di tune up sangat mudah sekali, loh. Berikut kami berikan sedikit penjelasan mengenai beberapa tanda mesin kendaraan Anda harus di tune up ke bengkel terdekat, di antaranya: (source: showroommobil)

  • Suara mesin kendaraan menjadi kasar. Saat berkendara, Anda pasti pernah mendengar suara mesin kendaraan terasa sedikit kasar dibandingkan biasanya, kan? Nah, itu pertanda jika kendaraan Anda butuh di tune up. Jangan ditunda lagi, segera bawa mobil Anda ke bengkel dan lakukan pemeriksaan menyeluruh. Apabila ada komponen mesin yang sudah terlihat aus dan harus diganti, maka langsung minta ganti dengan montir bengkel. Sebab jika tidak diganti bisa saja nanti malah makin rusak dan dapat membahayakan keselamatan Anda.
  • Susah saat akan dinyalakan. Sedang butuh kendaraan, tapi kendaraan tersebut malah susah dinyalakan. Kondisi seperti ini pasti membuat Anda kesal setengan mati, bukan? Untuk itu, Apabila Anda sudah mengalami kejadian ini, maka langsung bawa kendaraan ke bengkel. Mungkin saja bagian starter kendaraan Anda sudah bermasalah dan harus dilakukan perawatan ulang.
  • Muncul getaran tidak biasa pada kendaraan. Getaran yang muncul pada mobil bisa disebabkan karena Anda belum melakukan balancing maupun spooring, akan tetapi jika getaran terasa tidak seperti biasanya maka itu pertanda Anda harus segera melakukan tune up agar tidak semakin memperparah kondisi bagian komponen mesin kendaraan Anda.
  • Gas terasa semakin melambat. Apabila Anda merasa gas kendaraan sudah mulai melambat saat dikendarai, berarti sudah saatnya Anda membawa kendaraan ke bengkel dan lakukan tune up. Bisa saja, ada kerusakan di bagian dalam komponen mesin kendaraan sehingga menyebabkan gas terasa semakin melambat.

Itulah beberapa tanda yang wajib diketahui saat kendaraan Anda butuh di tune up. Semoga bermanfaat! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *