Sudahkah Anda Memiliki Kamar Tidur yang Sehat?

kamarSelain ukuran dan desain, tentunya developer property Indonesia berusaha untuk membangun rumah dengan lingkungan sehat. Bahkan ada developer yang membangun perumahan yang masing-masing rumahnya memiliki kamar yang menghadap ke timur. Kenapa menghadap ke arah timur? Karena kamar tidur akan mendapat cahaya matahari yang cukup sehingga baik untuk kesehatan. Nah, bagaimana dengan kamar tidur Anda, apakah sudah memenuhi syarat kamar yang sehat? Agar memiliki kamar yang sehat, coba lakukanlah beberapa tips berikut ini.

  • Rutin membersihkan kamar. kamar yang sehat adalah kamar yang bersih. Meskipun kamar Anda kelihatannya sudah bersih, coba perhatikan sela-sela perabotan dan sudut-sudut ruangan. Biasanya daerah tersebut menjadi tempat debu menumpuk. Karena itu, bersihkanlah kamar secara rutin dan teliti. Akan lebih baik lagi jika Anda memasang filter udara untuk mengurangi debu dan udara kotor di kamar.
  • Buka jendela. Selain itu, idealnya kamar memiliki jendela yang langsung terhubung dengan udara luar. Karena penting sekali untuk membuka jendela setiap pagi untuk menyegarkan ruangan dan melancarkan sirkulasi udara.
  • Menjaga kebersihan tempat tidur. Kasur merupakan perabotan utama yang harus dijaga kebersihannya. Jika tidak, kuman, tungau, dan debu bisa bersarang di kasur. Karena itu, rutinlah mengganti seprai dan membersihkan kasur. Untungnya, sekarang sudah ada beberapa jasa membersihkan kasur dengan berbagai teknologi canggih. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membersihkannya sendiri.
  • Foam yang digunakan bantal. Selain kebersihan, bahan yang digunakan bantal juga bisa memengaruhi kesehatan Anda. Sayangnya, bantal yang terbuat dari memory foam ternyata dapat mengeluarkan gas berbahaya, yaitu VOC (Volotile Organic Compounds) yang bisa menyebabkan sakit kepala, mual dan iritasi mata. Karena itu, bagi Anda yang memiliki bantal berbahan memory foam terpaksa harus menggantinya.
  • Hindari cat yang terlalu mencolok. Warna ruangan juga bisa memengaruhi kualitas tidur Anda. Agar tidur lebih berkualitas, sebaiknya pilih warna biru atau warna-warna pastel. Berdasarkan survey, warna yang lembut memang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, maka Anda pun memiliki kesempatan untuk mendapatkan kamar tidur yang lebih sehat. Selain kamar tidur, Anda pun harus menata ulang kembali perabotan dalam rumah, tujuannya tentu untuk mengembalikan kerapihan rumah sekaligus tidak membuat semakin berantakan. Caranya? Cukup memanfaatkan area sudut rumah dengan meletakkan beberapa perabotan lucu seperti rak, kolam ikan, dan sebagainya. Semoga bermanfaat! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *