Sitemap HTML dan XML

Istilah Sitemap HTML dan XML sering terdengar di dunia website dan SEO. Banyak orang berpikir bahwa Bila Anda berpikir bahwa Sitemap HTML dan XML sama, sebenarnya Anda tidaklah salah hanya saja kurang tetap. Sitemap HTML dan XML memang terlihat mirip karena mereka sama-sama berisikan daftar halaman, kategori, posting dan archieve dalam sebuah website.  Secara garis besarnya itu adalah arti dari sebuah sistem Sitemap.

Apakah Sitemap Penting Buat Website dan SEO?

Sitemap html seo website

Sitemap html seo website

Bila ditanya apakah Sitemap itu penting, jawabanya tentu saja penting baik itu untuk strukture website dan proses SEO. Sitemap merupakan sebuah peta situs untuk mempermudah para robot dari Search Engines untuk meng-crawl dan meng-index halaman – halaman di website Anda. Bisa dibilang kerja robot Search Engines menjadi lebih ringan dan cepat sehingga halaman – halaman dalam website Anda pun lebih cepat terindeks dan dimasukan kedalam Halaman Hasil Pencarian Search Engines.

Search Engine seperti Google memang tidak menjamin bahwa robotnya akan meng-crawl dan mengindeks semua URL yang ada dalam website Anda walaupun website Anda sudah dilengkapi dengan Sitemap. Namun, Google mengatakan bahwa Sitemap sangat berguna bagi mereka agar mereka bisa mempelajari structure website Anda. Dengan mempelajari Struktur website Anda memungkinkan Google untuk menentukan jadwal kapan Robot / Crawler dan melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam menjelajahi website Anda kedepannya. Untuk memaksimalkan kerja sebuah website dan proses SEO, tentu sitemap penting. Tidak ada gunanya bila website bagus namun waktu terindeknys lama bukan?

Apa Bedanya Sitemap HTML dan XML?

Terdapat 2 jenis sitemap yaitu Sitemap HTML dan XML yang bisa dibilang cukup berbeda.

Sitemap HTML

Sitemap HTML berisikan daftar – daftar nama – nama setiap halaman sebuah website yang sudah di Hyperlink. Sitemap ini bisa digunakan untuk pengujung dan robot Search Engines. Dengan adanya hyperlink, pengujung dan robot Search Engines menjadi lebih mudah menjelajahi sebuah website.

Sitemap XML

sitemap xml seo website

sitemap xml seo website

Sitemap XML berisikan daftar url setiap halaman yang terdapat dalam sebuah website tanpa adanya Hyperlink sehingga Anda sebagai pengujung tidak akan bisa mengunjungi salah satu url yang ada di daftar Sitemap XML dengan mengkliknya. Sitemap ini hanya dikhususkan untuk robot Search Engines.

Mana yang Lebih Baik Sitemap HTML dan XML?

Matt Cutts merupakan Head dari tim Google’s Webspam mendapatkan pertanyaan, Sitemap mana yang lebih disukai oleh Google. Dalam videonya dia menjelaskan bahwa ke-2 sitemap sangat dibutuhkan. Dia melambangkan satunya sebagai apel dan satunya lagi sebagai jeruk. Dan bagi dia, dua-duanya enak.

Gimana kalau disuruh memilih salah satu? Matt mengatakan seandainya Anda hanya bisa menggunakan satu sitemap saja, maka disarankan untuk memilih Sitemap HTML. Alasannya adalah Sitemap HTML bisa digunakan oleh Manusia dan Search Engines. Jadi lebih baik satu untuk semua. Namun tetap disarankan sebisa mungkin buat Sitemap HTML dan XML untuk website Anda. Apalagi Sitemap XML lebih banyak dikenal oleh para pembuat website dan SEO. Lagi pula Sitemap XML bisa dimasukan ke dalam Google Websmaster. Jadi kesimpulannya Sitemap SEO disarankan buat dua – duanya.

Semoga artikel pembahasan Sitemap XML dan HTML ini berguna bagi para Web Developer, SEO dan pembaca lainnya. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *