Siapa Saja yang Berisiko Mengalami Masalah Kolesterol?

kolesterol

image source: Hello Sehat

Kolesterol bukanlah masalah yang bisa diabaikan begitu saja. Sebab masalah kesehatan yang satu ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami berbagai komplikasi penyakit yang berujung pada kematian. Untuk mencegahnya banyak orang yang sudah mencoba untuk mempraktekkan berbagai resep makanan sehat yang terbuat dari bahan-bahan alami dan dipercaya baik untuk menjaga kestabilan kolesterol dalam darah.

Sayangnya, hal tersebut umumnya dilakukan ketika sudah memasuki usia lanjut atau mereka yang memiliki tubuh besar. Sebab masih banyak orang yang menganggap bahwa kolesterol adalah masalah yang umum menyerang seseorang dengan usia lanjut atau mereka yang mengalami kelebihan berat badan. Namun, benarkah demikian?

Kenyataannya, siapapun bisa terkena masalah kesehatan ini. Memiliki tubuh kurus bukan berarti bebas kolesterol, usia pun tidak berpengaruh, karena bahkan anak-anak sekalipun bisa terkena masalah kesehatan ini. Nah, mungkin Anda merasa bingung, bagaimana bisa seorang anak terkena masalah kolesterol? Hal ini berkaitan dengan penyebabnya. Nah supaya lebih jelas, yuk kita bahas langsung apa saja penyebab seseorang terkena masalah kolesterol:

Genetik

Anak yang memiliki orangtua dengan riwayat penyakit jantung atau masalah kolesterol akan berisiko tinggi memiliki masalah kolesterol. Tidak hanya pada saat sang anak dewasa saja, tetapi juga ketika masih anak-anak.

Jenis makanan

Kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak akan semakin meningkatkan risiko naiknya kolesterol dalam darah. Sebab tubuh sendiri sudah memproduksi kolesterol, ketika Anda mengonsumsi makanan tinggi lemak maka kolesterol dalam tubuh akan menumpuk. Tidak masalah jika lemak yang terkandung dalam makanan adalah lemak baik yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sayangnya kebiasaan kita adalah mengonsumsi makanan dengan lemak jahat.

Aktivitas

Anak-anak sekarang cenderung memiliki aktivitas yang pasif, seperti menonton TV atau bermain gadget. Sementara Anda yang sudah bekerja juga tidak berbeda, biasanya Anda akan beraktivitas saat perjalanan ke kantor dan saat di kantor Anda hanya akan menghabiskan waktu dengan bekerja sambil duduk di depan komputer. Kebiasaan inilah yang membuat kolesterol akan semakin menumpuk.

Penyakit lain

Ada beberapa penyakit yang dapat memicu naiknya kolesterol, seperti hipertensi dan diabetes. Ketika Anda menderita penyakit tersebut, maka sebaiknya lebih waspada dengan kenaikan kadar kolesterol dalam darah.

Usia

“Katanya usia tidak berpengaruh? Kok sekarang masuk poin?”. Mungkin Anda berpikir demikian. Memang Anda bisa berisiko mengalami kenaikan kolesterol pada usia berapapun. Akan tetapi ketika mulai memasuki usia menopause, wanita akan mengalami peningkatan risiko terkena masalah kolesterol. Dan risikonya menjadi sama besarnya dengan pria.

Nah setelah mengetahui informasi di atas, sudah jelas bukan bahwa Anda dan siapapun memiliki risiko yang sama untuk mengalami masalah kolesterol. Jadi akan lebih baik jika Anda mewaspadainya dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *