Sering Main HP Sebelum Tidur? Ini Dampak Buruknya!

baterai hpSaat ini, handphone memang sudah menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa dijauhkan dari kehidupan seseorang. Tanpa handphone, tidak menutup kemungkinan orang tersebut mungkin akan merasa kesepian. Terlebih, ditambah dengan paket kuota yang dibeli melalui provider internet masih tersisa banyak, tentu ini disayangkan sekali apabila tidak dipakai, kan? Padahal, terlalu sering bermain handphone sebenarnya tidak bagus loh untuk kesehatan, apalagi jika handphone tersebut dimainkan pada malam hari.

Selain itu, ada beberapa dampak buruk yang ditimbulkan jika Anda keseringan bermain handphone di malam. Apa saja? Yuk, cek ulasannya disini;

  1. Lemas setelah bangun tidur. Apakah kamu sering merasa lemas ketika bangun tidur di pagi hari? Hmm, mungkin ini dipicu oleh kamu terlalu lama bermain handphone di malam harinya. Bukan tanpa alasan, saat kamu sudah memegang handphone sambil tiduran, maka keinginan untuk tidur pun akan langsung teralihkan karena kamu keasyikkan chatting maupun melihat gambar maupun video lucu di handphone. Alhasil, kamu tidur hingga larut malam ataupun bahkan tidak tidur sama sekali. Untuk itu, sebelum rebahan kamu berniat untuk tidak main handphone.
  2. Dapat merusak mata. Kurangilah bermain handphone sebelum tidur. Mengapa? Yup, aktivitas ini dapat merusak kedua bagian matamu, akibat dari mata terlalu lama melihat cahaya biru yang dipaparkan oleh layar handphone. Kondisi ini tentu dapat menyebabkan retina mata menjadi tegang bahkan yang paling parah bisa mengakibatkan katarak. Untuk mengatasi kondisi ini, maka alangkah baiknya jangan bermain handphone sebelum tidur.
  3. Meningkatkan depresi. Kondisi tubuh yang kekurangan waktu istirahat akan lebih mudah mengalami depresi. Hal ini karena terganggunya kinerja hormon melatonin. Hormon melatonin sendiri merupakan hormon baik di dalam tubuh yang berperan penting untuk menghasilkan tidur agar lebih nyenyak lagi. Nah, jika kamu bermain di malam hari, tentu dapat mengganggu kinerja dari hormon tersebut. Untuk itulah, tidak mengherankan jika kamu akan mengalami depresi.

Selain ketiga poin di atas, keseringan bermain handphone di malam hari juga bisa menaikkan berat badan, membuat otak semakin lelah, dan bagian saraf tangan maupun jari terganggu. So, jangan terlalu sering main handphone di malam hari ya, guys! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *