SEO Menghadapi Google Penguin 2.0

Apakah Anda mengenal Matt Cutts? Matt Cutts memiliki nama lengkap Matthew Cutts. Dia adalah salah satu karyawan Google. Dia bergabung dengan Google pada bulan Januari 2000 sebagai seorang software engineer. Sekarang dia telah diangkat menjadi seorang head di tim Websoam Google. Selain menjadi karyawan Google, Matt Cutts mengisi harinya dengan menjadi seorang Blogger. Pada blog pribadinya, dia biasa menuliskan tentang Google, SEO dan Gadget. Blog ini membuat dia terkenal di antara para webmaster. Banyak webmaster yang mengunjungi website untuk mencari tips atau info terbaru mengenai perkembangan Google.

Update Google Penguin Baru

Pada salah satu postingannya yang diterbitkan pada tanggal 22 Mei 2013, Matt mengumumkan bahwa Penguin 2.0 yang merupakan salah satu algorithm Google sudah mulai beraksi. Apa itu Penguin Google? Penguin Google adalah sebuah algorithm Google yangd dibuat dengan tujuan menurunkan posisi sebuah website di halaman hasil pencarian dikarenakan website tersebut telah melanggar Pedoman Webmaster Google baik itu skema link, backlink tidak berkualitas atau duplikat konten website. Biasanya teknik SEO yang melanggar Pedoman Webmaster Google adalah teknik yang disebut dengan nama black hat.

Google Penguin pertama diluncurkan oleh Google pada tanggal 24 April 2012. Tim Matt Cutts memastikan algorithm ini dapat membantu membersih halaman hasil pencarian Google. Pembersihan halaman hasil pencaria, Google memastikan pengguna Google search bisa mendapatkan experience yang lebih menyenangkan dan nyaman dalam mencari info yang mereka inginkan.

Peluncuran Penguin 2.0 pada tanggal 22 Mei 2013 ini sangat mengejutkan para SEO dan Webmaster. Soalnya Penguin pertama saja sudah menyebabkan kegemparan di dunia internet. Banyak website yang menggunakan teknik black hat SEO jatuh (menghilang dari Search Google). Namun Penguin pertama belum begitu sempurna sehingga beberapa website yang tidak menggunakan teknik black hat pun kena (tentu mereka bisa mengajukan banding ke tim Google, bila hasil pengujian keduanya bagus maka website akan muncul lagi di Search).google penguin

Tips SEO untuk Menghindari Penguin 2.0

Agar tidak terkena penalti dari Penguin 2.0, hal yang harus dilakukan oleh para SEO adalah

  • Memastikan tidak ada duplikat kontent dalam website
  • Jangan Meng-copy paste artikel milik orang lain
  • Hindari membuat backlink di website-website yang mengandung artikel dewasa atau foto dewasa
  • Jangan menggunakan teknik black hat SEO
  • Pastikan artikel yang kita buat mengandung lebih dari 300 kata (menghitungnya menggunakan word, blok semua paragraph lalu klik word count yang ada di review)

Cara di atas memang terlihat sederhana namun sangat membantu Anda untuk memastikan Anda cukup aman dari Penguin 2.0. Hadapi Google Penguin 2.0 dengan berani.–hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *