Sembilan Kiat Merawat Mobil

Mobil itu bisa menjadi teman sejati yang menemani untuk waktu yang lama bila kita bisa merawat mobil kita dengan baik. Mobil yang tidak dirawat tentu sangat cepat rusak, berkarat, mongok dan mengalami masalah lainnya. Boleh dibilang ketahanan sebuah mobil dilihat dari seberapa kita peduli dengan mobil kita. Gimana sih cara agar mobil tetap awet untuk lama? Sekarang sudah banyak artikel online maupun offline yang bisa membantu.

Artikel informasi ini pun tidak mau kalah dengan artikel informasi lainnya. Berikut sembilan kiat yang bisa digunakan untuk merawat mobil agar awet:

  1. merawat mobilPeriksa dang anti oli. Menganti oli dan filter secara teratur merupaka kiat pertama yang harus dipatuhi karena kiat inilah yang pasti akan kita temukana disemua kiat merawat mobil.
  2. Siram sistem pendingin dan menganti pendingin satu tahun sekali. Untuk air yang digunakan untuk penyiraman tidak boleh sembarangan. Jadi konsultasi terlebih dahulu dengan pihak bengkel. Bila berdasarkan artikel KKB, campuran 50 / 50 dari coolant dan distilled water sangat bagus karena dapat mencegah korosi. Tetapi untuk amannya konsultasi aja dengan ahlinya.
  3. Menganti transmisi dan differential oil. Biarpun tidak harus sering dilakukan, pergantian differential oil bisa disesuaikan dengan interval servis. Hanya gunakan cairan transmisi dan oli gigi sesuai dengan yang disarankan.
  4. Jagalah agar mobil tetap bersih. Bersikan bagian atap, spion, kaca, bodi dan bagian bawah serta roda. Pastikan kotoran-kotoran seperti lumpur dibersihkan.
  5. Gunakan pelumas untuk bagian – bagian sendi mesin, pintu serta roda. Ketika bagian tersebut kotor, ada baiknya dibersihkan terlebih dahulu baru dikasih pelumas.Pelumas menjaga agar bagian – bagian tersebut tidak berkarat dan bisa bekerja dengan semestinya.
  6. Lakukan wax pada atap dan bodi mobil agar cat mobil terlindungi dan tidak cepat rusak karena wax berarti menambah lapis perlindungan. Lakukan wax minimal 6 bulan sekali
  7. Gunakan proteksi UV di kaca agar bagian dalam mobil terlindungi. Terlalu lama terpapar matahari warna eksterior dan interior akan menjadi kusam. Bila luar sudah dilindungi wax, bagian dalam dilindungi dengan meminimalis sinar matahari yang masuk yaitu dengan memasang kaca UV atau proteksi UV pada Kaca.
  8. Bersihkan bagian interior mobil (jangan hanya bagian luarnya saja yang kelihatan bagus tetapi dalamnya kotor).
  9. Jangan lupa mengganti rem ketika sudah mulai kurang bantalan dan kekuatannya. Jangan lupa minyakin rem juga.

Semoga 9 kiat merawat mobil ini membantu. Sumber artikel ini adalah situs otomotif khusus mobil bernama KKB. Sampai ketemu di artikel otomotif lainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *