Sejarah Dibalik Sebuah Mesin Cuci

Mesin cuci merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang sangat penting. Mesin ini meringankan salah satu pekerjaan rumah tangga yang paling menguras waktu dan tenaga yaitu mencuci baju. Baju ketika dimasukan ke dalam air akan semakin berat dan tenaga yang dibutuhkan untuk mencuci, membilas, memeras dan menjemur baju tidaklah sedikit. Jadi tidak ada salahnya kita mengintip sendikit sejarah sebuah mesin cuci ini dan siapa yang telah menciptakannya. (Dari berbagai sumber)

Sejarah Mesin Cuci

Orang – orang zaman dulu mencuci dengan memukul-mukul pakain ke batu, menguceknya dengan pasir kasar dan membersihkan lumpur dengan air sungai terdekat. Bukti adanya penggunaan sabun cuci baru ditemukan di Sapo Hill di Roma. Sabun cuci pada zaman itu hanya terbuat dari abu yang dicampur dengan lemak hewan (lemak hewan kurban). Untuk para pelaut, mereka mencuci baju dengan cara memasukan baju ke dalam sebuah keranjang atau karung lalu diikatkan dengan tali dan dibiarkan mengantung disamping kapal sambil keranhang dan karungnya terendam air laut.

Papan Gilesan Kayu

papan gilesan drum washingAlat bantu cucian pertama adalah papan gilesan. Papan Gilesan hingga sekarang masih banyak digunakan. Papan gilesan pertama kali dipasarkan pada tahun 1797.  Beberapa orang menggunakan papan gilesan ini bersama dengan bak kayu yang digunakan untuk menampung air dan pakaian.

Tong Cuci

Pada tahun 1851, Seorang Amerika bernama James King mematenkan mesin pencucibaju  pertama yang menggunakan sebuah Tong. Tong cuci ini memang mirip dengan mesin cuci modern namun Tong cuci ini masih menggunakan tenaga tangan. tong digunakan untuk menampung air dan pakaian.

Mesin Cuci Berputar

mesin cuci pertamaPada Pada tanggal 26 Oktober 1858, Hanilton Smith mematenkan sebuah washing machine berputar dimana mesin ini sudah dilengkapi serang dan tangkai pemutar di tengah tong yang digunakan untuk menampung air dan pakaian.

Pada tahun 1861, the wringer / gilasan pemeras ditambahkan. Gilasan pemeras baju ini terbuat dari beberapa kayu panjang yang bulat sempurna. Ketika diengkol dengan tangan, kedua kayu tersebut akan membantu memeras air dari baju.

Mesin Pencuci Pertama khusus Rumah

Pada tahun 1874, seorang Indian bernama William Blackstone membuat sebuah mesin yang dapat mencuci  kotoran lumpur dari baju. Mesin pencuci baju Pertama yang sangat mudah digunakan di dalam rumah.

Revolusi Papan Gilesan

Bagian bergerigi pada papan gilesan sudah diganti dengan logam. Bahkan pada tahun 1900, bak kayu yang biasa setia menemani papan gilesan sudah diganti dengan bak logam.

Mesin Thor

mesin cuci listrik thorThor – mesin cuci listrik pertama di di dunia. Kenapa Thor? Thor merupakan dewa petir dari Mitologi Nordik. Thor diperkenalkan pada tahun 1908 oleh perusahaan Hurley Machine yang berada di Chicago, Illinois. Thor diciptakan oleh Alva J.Fisher. Thor merupakan mesin cuci bertong yang terbuat dari besi (digunakan menampung air dan pakaian) dan dilengkapi dengan papan pemeras pakaian serta motor mesin. Ukurannya lumayan gede dan cepat berkarat.

Pemasaran Mesin Pencuci Baju Listrik

Pada tahun 1911, Sebuah perusahaan bernama Upton Machine Company mulai memproduksi dan menjual mesin pencuci baju bertenaga listrik secara masal. Upton Machine Company merupakan perusahaan yang dibangun oleh Louis dan Emory Upton pada tanggal 11 November 1911. Perusahaan ini terus berkembang dan sekarang dikenal dengan nama Whirlpool Corporation.

Mesin Pencuci Multifungsi

Pada tahun 1930, John W. Chamberlain berhasil menciptakan mesin yang dapat mencuci, membilas dan memeras baju dalam satu proses. Fungsi ini adalah fungsi dasar yang bisa kita temukan di mesin cuci modern ini.

Pada tahun 1937, Bendix Corporation memperkenalkan mesin cuci otomatis pertama. Biarpun sudah otomatis dan memiliki berbagai fitur yang sama dengan mesin pencuci modern saat ini, namun bentuknya belum jadi. Mesin Pencuci dari Bendix ini memiliki satu kekurangan yaitu mesin ini harus dipantek mati agar tidak bergerak-gerak ketika sedang mencuci.

Mesin Cuci Top dan Front Loading

Pada tahun 1947, General Electric memperkenalkan mesin cuci otomatis Top Loading pertama ke pasaran. Baju akan dimasukan ke dalam silinder vertikal untuk pencucian. Silender akan melakukan gerakkan ke depan dan kebelakang untuk melenturkan benang kain sehingga air dapat melalui selah – selah kain agar bisa membersihkan kotoran dari baju. Semua perusahaan elektronik berlomba – lomba membuat produk unggulan mereka dan menjualnya.

Front Loading adalah mesin cuci yang paling banyak ditemukan pada zaman modern ini. Mesin cuci ini memiliki berbagai keunggulan dibandingkan pendahulunya. Salah satunya adalah baju jarang kusut ketika dicuci dengam Front Loading daripada Top Loading. Mesn cuci Front Loading juga lebih hemat dalam penggunaan tenaga listrik dan air untuk mencuci. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *