Sejarah band Lambung

Cara menurunkan berat badan dengan cepat melalui operasi ikat lambung ternyata sudah diperkenalkan pada masyarakat sejak tahun 1985. Pada tahun itu, Professor Dag Hallberg berhasil mengembangkan konsep pertama band lambung yang digunakan untuk operasi ikat lambung. Jadi boleh dibilang sosok Professor Dag Hallberg sangat berjasa dalam menemukan konsep ikat lambung.

Sejarah Singkat Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat – Band Lambung

Tahun 1984 – 1985, Professor Dag Hallberg

Cara menurunkan berat badan dengan cepatPada tahun 1984, Professor Dag Hallberg mulai menjalin kerja sama dengan sebuah perusahaan peralatan Medis  Swedia, Astra Meditec AB. Hallberg dan perusahaan manufaktur silikon, Atos AB. Dari kerjasama ini, mereka berhasil menciptakan band khusus yang bisa digunakan untuk mengikat lambung. Pada tanggal 14 Maret 1985, Professor Dag Hallberg mendapatkan hak paten di negara Swedia, Norway dan Denmark atas penemuannya. Belum lama setelah hak paten untuk Hallberg diberikan ternyata seorang Dokter Amerika, Lubomir Kuzmak juga mempunyai ide yang sama dengannya. Perbedaanya adalah Hallberg mendapakan hak paten dari Swedia, Norway dan Denmark, sedangkan Kuzmak hanya mendapatkan hak paten dari Amerika Serikat.

Tahun 1985 – 1986, Lubomir Kuzmak

Tahun 1985, Lubomir Kuzmak menciptakan sebuah band yang terbaut dari silikon radiopak. Pada tanggal 3 Juni 1986, dia mendapatkan hak paten hanya untuk AS untuk penemuannya. Pada tahun dan bulan yang sama (Juni 1986), Kuzmak menggunakan band silikon ini pertama kali secara terbuka.

Pada bab pertama jurnal yang dia tulis, Kuzmak melaporkan bahwa dia melakukan 32 prosedur (21 primer dan 11 revisi). Penemuannya kemudian diadaptasi dan dikembangkan lagi oleh perusahaan BioEnterics di Carpinteria, California. Pada tahun 1990, Kuzmak melatih banyak ahli bedah dari Italia, Belgium dan Australia. Tema yang diajarkan oleh Kuzmak adalah cara menggunakan ASGB ciptaannya.

Tahun 1990 , Eropa

Pada bulan April 1990, Adjustable Silicone Gastric Banding (ASGB) pertama kali dipasarkan dan digunakan di Eropa. FDA (Food Drug Admiration) pada bulan Desember di tahun yang sama menyetujui uju klini ASGB di Amerika dan Workshop pertama ASGB diadakan di Eropa.

Tahun 1993

band lambungPertama kali prosedur banding laparoscopic / Lap – Band dengan menggunakan band untuk mengecilkan mulut lambung dilakukan. Prosedur laparoscopic merupakan prosedur mengikat lambung agar konsumsi makan semakin dikit. Prosedur ini merupakan cara menguruskan badan dengan cepat yang khusus dilakukan hanya untuk para obesitas.

Sejak tahun 1993, ASGB sudah diganti menjadi Lap-Band karena prosedurnya yang lebih mudah di mana hanya bagian mulut lambung saja yang diperkecil. Dengan mulut lambung yang diperkecil, jalan masuk makanan ke dalam lambung menjadi sempit. Jalan masuk yang sempit memasak pasien untuk mengurangi porsi makan. Bila makan seperti biasa (sebelum operasi), lambung akan sakit dan mengirim sinyal “Berhenti Makan” ke otak. Jadi orang yang menjalankan operasi ini harus sadar dan mengerti bahwa dia sudah tidak bisa makan seperti biasanya lagi.

Sudah ada kasus dimana pasien yang sudah menjalankan operasi pengecilan mulut lambung ini meninggal karena dia tidak bisa mengikuti proses setelah operasi. Dia terus mengkonsumsi makanan seperti biasa padahal lambungnya memang sudah diseting tidak bisa menampung banyak. Makanan akhirnya menumpuk di mulut lambung hingga ke tenggorokan. Waduh mengerikan jadi benar- benar harus patuh dengan prosedur makan setelah operasi dilakukan.

Bagian yang mau menggunakan cara ikat lambung ini, perlu mengetahui gimana prosedur ini berjalan. Cek artikel cara menurunkan berat badan dengan cepat – ikat lambung untuk mengetahui prosedurnya dan dampaknya. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *