Sejarah Alat Fitness Treadmill

Salah satu alat fitness yang populer adalah treadmill. Dari awal dikeluarkankan hingga hari ini, treadmill telah menjadi bagian dari gaya hidup sehat masyarakat. Kita banyak menemukan alat fitness ini di gym bahkan di rumah. Padahal pada awalnya, treadmill diciptakan bukan untuk kesehatan. Mau tahu gimana sejara penciptaan trealmill?

Tahun 1817, Treadmill Pertama untuk Tahanan?

Sir William Cubbit dari English menciptakan sebuah alat di mana para tahanan harus berjalan atau berlari di atasnya setiap hari. Tentu saja alat tersebut bukan diciptakan untuk kesehatan para tahanan melainkan untuk menghasilakn energi untuk menggiling biji-bijian, memompa air dan lainnya.

Tahun 1952, Treadmill Standar Pertama

sejarah treadmillTitik balik untuk alat fitness treadmill terjadi pada tahun 1952, ketika Dokter Robert Bruce dan Dokter Wayne Quinton yang berasal dari Universitas Washington menciptakan treadmill standar pertama agar bisa mengecek kesehatan jantung dan paru-paru. Para pasien hanya perlu berjalan di atas lembaran  karet yang telah dibuat agar bisa bergerak. Nantinya penemuan ini dijual Quinton pada Stairmaster yang kemudian dibeli oleh Nautilus.

Ide menggunakan treadmill untuk menghasilkan uang dengan cepat menarik perhatian para pembisnis. Apalagi pada saat itu, orang-orang mulai mempromosikan manfaat dari olahraga aerobic dan lebih peduli dengan gaya hidup sehat. Pada tahun 1960an, treadmill sudah menjadi barang populer yang mudah ditemukan di setiap gym. Bahkan pada tahun 2000, NASA menempatkan treadmill di stasiun luar angkasa agar para astronot dapat tetap sehat walaupun di kondisi gravitasi nol.

Revolusi Alat Fitness Treadmill

Selama lebih dari 1 dekade terakhir ini, treadmill telah terbukti membantu menjaga gaya hidup. Untuk memastikan alat fitness ini tetap menjadi populer berbagai revolusi dilakukan. Contoh revolusi yang dilakukan adalah menambahkan teknologi iFit, kualitas lembaran karet, pengaturan kecepatan, kemampuan penyimpanan yang semakin mudah dan lainnya. Dan pastinya revolusi ini tidaklah berhenti. Selama kebutuhan pasar terus berubah, treadmill akan terus mengalami revolusi.

Ini hanyalah cerita singkat sejarah alat fitness treadmill dimana alat fitness ini sudah menjadi bagian dari hidup kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *