Sejarah Air Conditioner

Air conditioner (AC) merupakan barang elektronik yang befungsi untuk menurunkan suhu ruangan yang panas dan membuatnya dingin. Seperti semua produk elektronik yang kita gunakan sekarang ini, pastinya ada asal muasal alias sejarah Air Confitioner.

Sejarah Pendingin Ruangan Pertama

AC sudah mulai ada sejak zaman Romawi. Pada zaman itu, bangsa Romawi membuat sebuah penampung air di dalam dinding rumah. Penampung ini dibangung mengelilingi rumah agar air bisa mengalir dari satu dinding ke dinding lainnya sehingga bisa menurunkan suhu panas dalam ruangan. Saat itu, hanya beberapa orang saja yang bisa memilikinya. Hal ini karena biaya yang dikeluarkan untuk membangun penampungan air sangatlah mahal. Mahalnya pembagunan ini dikarenakan desain struktur yang tidak biasa, bahan bagunan khusus dan air yang banyak. Biasanya hanya para orang kaya, bangsawan dan raja saja yang membangunnya.

Cikal Bakal Teknologi Air Conditioner

Pada tahun 1820, Michael Faraday, ilmuwan Inggris menemukan cara baru utnuk mendinginkan udara dengan menggunakan sebuah gas yang bernama Gas Amonia. 22 tahun kemudian (1842), Dr. Jhon Gorrie menemukan sebuah cara untuk mendinginkan sebuah ruangan.

air conditioner - Jhon GorrieDr. Gorrie memiliki ide membuat mesin pendingin ruangan setelah melihat banyaknya pasien malaria dan penyakit lain yang memiliki gejala demam tinggi. Ketika cuaca sedang panas, pasien semakin merasa tidak nyaman. Dengan inisiatif agar suhu tubuh pasien turun dan melihat kerja kipas , Dr. Gorrie membuat mesin pendingin ruangan sederhana yaitu di depan kipas angin yang sedang menyala diletakanlah sebongkah es batu. Dengan begitu hawa dingin es akan tersebar karena angin kipas. Percobaan ini diterapkan olehnya untuk ruangan – ruangan yang ada di rumah sakit Apalachicola yang berada di Florida, Amerika Serikat.

Tidak hanya berhenti disana, Dr. Gorrie mulai menyusun rencana untuk membuat mesin pendingin. Pada tahun 1844, Dr. Gorrie merancang dan mulai mengembangkan mesin eksperimen pembuat es. Mesin ciptaannya bekerja dengan cara memadatkan gas sehingga menjadi panas, kemudian gas tersebut dialirkan ke koil –koil untuk diturunkan tekanannya untuk menjadikannya dingin. Sistem mesin baru ini menjadi citrabakal sistem air conditioner modern.

Untuk menyempurnakan mesin ini, Dr. Gorrie akhirnya berhenti praktik pad atahun 1845 agar dia bisa fokus. 6 tahun kemudian, dia menerima hak paten untuk mesin pendingin yang dia buat. Hak paten yang dia terima adalah hak paten pertama yang dikeluarkan untuk mesin pendingin. Namun sayang,  Dr. Gorrie belum sempat menyempurnahkan mesin ciptaannya ketika meninggal di tahun 1855.

Orang yang menyempurnakan pernemuan Dr. Gorrie adalah Willis Haviland Carrier, seorang insinyur dari New York. Penemuannya tidak digunakan untuk kenyamanan manusia (rumah) melainkan untuk digunakan untuk keperluan percetakan dan industri lainnya.

Penggunaan AC untuk Rumah

Pada tahun 1927, AC untuk rumah mulai dikembangkan. Pada tahun tersebut akhirnya dipasang di sebuah rumah di Mineapolis, Minnesota.  Sejak saat itu, AC mulai dikembangkan bahkan sekarang bisa dibilang, AC dapat ditemukan hampir disetiap rumah dan perkantoran. Berbagai jenis AC pun diciptakan dengan berbagai fitur tambahan.

Sekarang kita tidak perlu takut lagi akan kepanasan karena adanya air conditioner.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *