Search Engine Optimization Terus Berevolusi

Search Engine Optimization (SEO) bisa diartikan optimasi di mesin pencarian. Yang dioptimasi dalam kegiatan SEO adalah sebuah website atau landing page. SEO sudah ada sejak beberapa tahun ini dan tidak akan pernah mati selama masih ada Search Engine seperti Google. Seperti manusia, SEO terus berevolusi setiap harinya.

Evolusi Search Engine Optimization Menurut Mark Jackson

evolusiMark Jakson adalah Presiden dan CEO sebuah perusahan khusus yang bergerak dalam bidang SEO. Perusahaan tempat dia bekerja adalah Vizion Interactive. Selain menjadi Presiden dan CEO, Mark Jackson merupakan salah satu contributor untuk website SearchEngineWatch yang khusus membahas SEO, Analytics, PPC dan hal lainnya.

Berikut ini beberapa evolusi yang sudah terjadi pada SEO menurut Mark Jackson:

  • Mulai memfokuskan diri membangun link berkualitas
  • Mulai memperhatikan persetase traffic dari pencarian organic (hasil pencarian Search Engine)
  • Mulai menggunakan keyword tanpa merek

Apa Selanjutnya?

Mark Jackson mengatakan bahwa sangat menyenangkan memikirkan gimana nanti evolusi Search Engine Optimization.  Sejak adanya update Google’s Vince  pada bulan February 2009, Mark yakin bahwa Google akan mulai mencari cara untuk merapikan halaman hasil pencarian dengan membersihkan website, blog dan artikel yang tidak sesuai dengan standar Google. Mark juga yakin bahwa ada saatnya SEO sudah tidak bisa terlalu menekankan kepada “Merek”. Lalu gimana cara seseorang agar tetap bisa membangun “Merek”nya di dunia digital?

Tentu saja perubahan – perubahan pada Search Engine dan perarturan Google tidak akan mematikan SEO. Malahan SEO akan berevolusi ke tingkat yang baru agar bisa menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi pada Google.

SEO Tidak Akan Pernah Mati

Banyak orang bepikir bahwa suatu hari, SEO akan mati dikarenakan Google terus mengelurkan algorithm baru, pengubahan peraturan dan sistem search engines yang berubah. Namun ternyata hal itu salah. Sebenarnya SEO memiliki sistem yang fleksibel. Fleksibel disini adalah mengikuti apa maunya Google alias ikut aturan main Google.

Bila ada perubahan baik algorithma ataupun sistem hasil pencarian, orang  – orang yang bekerja dalam SEO terutama pakar akan melakukan analisa dan mencari cara agar sistem SEO yang sekarang digunakan bisa diubah agar mengikuti aturan main Google. Jadi boleh dibilang semakin banyak perubahan pada Google, semakin SEO berevolusi. SEO hanya akan mati ketika tidak ada lagi Search Engines. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *