Search Engine Optimization Dibutuhkan Pebisnis

Search Engine Optimization atau lebih dikenal sebagai SEO di dunia internet merupakan sebuah teknik yang dilakukan untuk meningkatkan peringkat website Anda di halaman hasil pencarian search engines seperti Google.  Perlu diketahui bahwa Google dalam menilai website Anda akan melakukannya dengan 3 tahap yaitu

  • Crawling adalah proses dimana robot crawler Google menjelajahi website Anda da nisi. Hal ini dilakukan agar Google mengenal web Anda.
  • Indexing merupakan proses dimana Google mulai mengindeks halaman – halaman dalam website. Halaman – halaman yang sudah terindeks akan tersimpan dalam database Google. Biasanya halaman yang sudah terindeks sudah muncul di halaman hasil pencarian Google.
  • Memberikan nilai akan dilakukan oleh Google setelah data tersimpan di dalam Google dan Google bisa menilainya secara perlahan. Biasanya bila menurut Google website Anda bagus, Google bisa memberikan hadiah berupa “PR” (Page Ranking).

Page Ranking bisa berbeda – beda untuk setiap website Anda. Contohnya home page web Anda hanya memiliki PR 2 namun halaman produk Anda ternyata memiliki PR 3. Jadi PR setiap halaman memang bisa berbeda. Jangan terkejut akan pemberian nilai ini.

Untuk mempermudahkan crawling dan indexing, sangat disarankan web Anda menggunakan Sitemap. Sitemap adalah sebuah peta situs yang berisikan daftar halaman web Anda. Sitemap yang dibutuhkan terbagi menjadi 2 yaitu Sitemap HTML dan XML.

Kenapa Pebisnis Membutuhkan Search Engine Optimization

search engine optimizationTeknik SEO ini dapat membantu agar website bisnis Anda bisa dengan mudah ditemukan oleh para pengguna internet. Kenapa perlu SEO? Seharusnya dengan terideks saja cukup? Ini pemikiran banyak orang dan tidak bisa dibilang salah hanya kurang tepat. Kenapa kurang tepat? Misalnya Anda menjual mobil, Anda pastinya bukan satu-satu yang menawarkan mobil secara online. Bisa saja website Anda bahkan hanya muncul di halaman ke-7. Masalahnya adalah kebanyakan habit para pengguna internet hanya mengklik hasil pada halaman 1 – 3. Jadi tentunya traffic yang masuk akan sangat kecil. Terkecuali Anda menawarkan produk yang hanya ada 1 didunia dan tidak ada blog atau website lain yang mengbahasnya. Makan situs Anda akan muncul di halaman 1.

Kenapa Pebisnis membutuhan Search engine optimization? Berikut beberapa alasannya

  1. Meningkatkan traffic dari sumber natural Search Engines (bukan traffic dari iklan Google).
  2. SEO membantu mengarahkan membawa calon klien ke web Anda karena SEO menggunakan keywords (kata kunci) yang memang relevant dengan website Anda.
  3. Meningkatkan posisi web di halaman hasil pencarian Google.
  4. SEO dapat membantu meningkatkan penampilan website agar sesuai dengan peraturan Google.

Semoga artikel informasi Search Engine Optimization ini dapat membantu. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *