Sayuran Ini Dipercaya Bisa Bantu Lancarkan ASI!

masakan labu siam
image source: Blue Apron

Tidak hanya mengonsumsi minuman pelancar ASI saja, setelah melahirkan Ibu juga bisa merangsang ASI dengan beberapa cara, salah satunya yaitu mengonsumsi sayuran tertentu. Apakah bisa? Yap, jawabannya tentu bisa, lantaran sayuran mengandung sejumlah nutrisi yang dapat membantu melancarkan serta memperbanyak kualitas ASI. Mulai dari; minyak atsiri, zat besi, vitamin, fitokimia, kalium, fosfor, asam folat, magnesium, ribofblavin, dan lain sebagainya.

Berikut merupakan beberapa sayuran yang dapat melancarkan ASI tersebut, cekidot:

Bunga pepaya

Pernah memakan bunga pepaya? Nah, bunga pepaya yang memiliki warna putih kekuningan ini, dapat membantu melancarkan ASI karena mengandung fosfor, kalium, vitamin C, dan vitamin A. Bunga pepaya ini juga mengandung enzim papain yang berkhasiat untuk mempercepat proses pencernaan sekaligus meningkatkan nafsu makan. Jika nafsu makan meningkat, tentu kebutuhan ASI pun akan semakin bertambah. Untuk itu, yuk makan sayuran bunga pepaya ketika menyusui.

Pare

Suka makan pare? Mungkin, bagi sebagian orang menganggap sayuran pare ini tidaklah enak, mengingat rasanya yang lumayan pahit. Namun, dibalik rasanya itu, sayuran satu ini ternyata sangat bermanfaat untuk melancarkan air susu ibu. Sebab sayuran ini kaya akan kandungan vitamin, fitokimia, dan likopen yang berperan penting merangsang produksi insulin. Di samping itu, sayuran ini juga berkhasiat untuk ibu menyusui yang mengidap diabetes mellitus karena ampuh dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Labu siam

Di dalam labu silam ini sendiri tersimpan berbagai kandungan nutrisi seperti kalium, magnesium, vitamin, asam folat, mangan, zink, seng. Semua kandungan tersebut bermanfaat untuk melancarkan air susu ibu. Tidak hanya, kandungan itu juga berperan penting untuk membantu pembentukan sel, perkembangan jaringan tubuh bayi. Oleh karena itulah, Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi labu silam pada saat menyusui.

Kemangi

Kerap dijadikan sebagai sayuran lalapan, kemangi pun bisa melancarkan produksi ASI. Lantaran, sayuran ini mengandung enzim phytoesterogens yang sangat tinggi. Enzim ini juga memiliki sifat dapat menenangkan dan meningkatkan nafsu makan. Dan yang paling menguntungkan, sayuran ini pun bisa membantu mengurangi bau tidak sedap yang muncul dalam tubuh.

Itulah beberapa sayuran yang dapat membantu melancarkan sekaligus merangsang kebutuhan ASI. Semoga bermanfaat ya, Bu! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *