Satu Asuransi Mobil Sudah Cukup, Ngapain Banyak-banyak?

asuransi mobilMemilih asuransi mobil terbaik memanglah tidak ngampang, kamu harus mengeluarkan waktu dan tenaga lebih untuk mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang benefit, premi bahkan testi mengenai produk asuransi mobil yang ditawarkan. Dengan adanya data, kamu bisa membandingkan asuransi mobil mana yang lebih menguntungkanmu dan menjawab kebutuhanmu dari segi pelindungan serta harga.

Namun tidak semua produk bisa menjawab kebutuhan sehingga tidak jarang beberapa orang memutuskan untuk mendaftarkan pelindungan mobil pada beberapa perusahaan asuransi yang berbeda. Memang sih asuransi mobil itu penting karena asuransi adalah perlindungan tak kasat mata dalam menghadapi resiko kerusakan yang bisa terjadi di mana saja selama dalam perjalanan.

Masalahnya di sini adalah menggunakan asuransi mobil lebih dari satu merupakan perbuatan yang sia-sia. Loh, kenapa sia-sia? Berdasarkan informasi dari pak Santosa, CEO Asuransi Astra kepada Kompas “Bua tapa punya asuransi kendaraan sampai dua? Sia-sia. Pelanggan malah harus bayar premi dua kali, tapi yang dicover hanya 1 asuransi”. Maksudnya disini adalah ketika mobil mengalami kerusakan hanya 1 perusahaan asuransi yang akan mencairkan dana untuk mengembalikan kondisi kendaraan seperti semula. Klo kendaraan sudah baik kembali, mana mungkin perusahaan asuransi mobil satunya akan mengeluarkan dana perbaikan lagi.

Walah kok begitu? Ya, bisa aja karena hal ini memang sudah diatur berdasarkan peraturan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dimana inti peraturannya adalah tidak bisa melakukan double cover untuk produk asuransi kendaraan baik untuk motor, mobil, truk atau kendaraan lainnya. Jadi bisa dibilang konsep cover pada asuransi ini memang berbeda dengan asuransi pada manusia. Soalnya kendaraan hanya perlu 1 kali saja dimasukan ke bengkel untuk diperbaiki agar bisa kembali seperti semula. Klo pas manusia sakir kan, belum tentu hanya perlu 1 kali pengobatan. Itu sebabnya logik sekali jika peraturan cover pada asuransi kendaraan memang berbeda dengan asuransi untuk manusia.

Jadi sudah jelas, buang jauh-jauh pemikiran memiliki asuransi kendaraan terutama untuk mobil sampai ganda. Toh sia-sia udah bayar 2 kali premi namun yang cover hanya 1 perusahaan asuransi saja. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *