Sarapan Pagi yang Baik

Sarapan pagi merupakan salah satu kunci menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat. Sarapan merupakan bagian dari diet jadi mengkonsumsi sarapan sangat penting karena akan mempengaruhi program diet kita. Kenapa sarapan pagi begitu penting?  Sarapan membantu meningkatkan metabolism tubuh dan pembakaran kalori sepanjang hari. Tidak hanya itu, ketika kita memilih sarapan dengan serat padat seperti sereal gandum, roti gandum atau oatmeal membuat kita kenyang lebih lama sehingga pas makan siangnya, kita tidak kalap pas makan siangnya.

Peraturan Sarapan yang Baik

sarapanUntuk menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat, sarapan adalah keharusan dan tidak bisa dihindari. Berikut beberapa peraturan – peraturan sarapan yang baik agar kita bisa mendapatkan tubuh lansing dengan cepat namun tubuh tetap fit dan sehat:

  • Sarapan pagi dilakukan secara teratur. Tetapkan jam sarapan dan buatlah kita terus menerus menaati kapan kita harus sarapan. Dengan melakukannya terus menerus, nanti sarapan akan menjadi habit / kebiasaan.
  • Ada baiknya kita sarapan pas waktu yang memang tepat dan sesuai dengan waktu dimana tubuh kita memang bisa menerima makanan. Waktu yang tepat yang disarankan untuk sarapan adalah 1 jam setelah bangun tidur. Kenapa harus 1 jam setelah bangun tidur? Untuk menjaga ritme sirkadian (silkulasi biologis) tubuh.  Sambil menunggu hingga 1 jam, kita bisa mempersiapkan diri dengan mandi, gosok gigi, milih baju, mempersiapkan sarapan dan kegiatan lainnya.
  • Menu sarapan yang baik untuk program penurunan berat badan yang sehat adalah sarapan yang tinggi kandungan proteinnya. Contoh makan protein yang cocok untuk sarapan adalah keluarga kacang-kacangan (kacang almond, kacang merah, kacang hitam, kacang kedelai), biji-bijian (kenari, biji bunga matahari, biji ginkgo, biji teratai), bagian putih telur dan yoghurt. Makan –makanan ini dapat memberikan banyak energi dengan kadar kalori yang rendah.
  • Sarapan yang baik tidak hanya mengandung  protein yang tinggi tetapi juga serat. Salah satu cara mendapatkan tubuh lansing dengan cepat dan sehat adalah mengkonsumsi makanan berserta yang banyak (minimal 8 gram). Tambahkan buah-buah dalam menuh sarapan. Atau menambahkan salad sayur pada menu.
  • Contoh beberapa sarapan yang disarankan adalah  omelet sayur, omelet kacang, buah segar, roti gandum panggan, sereal dicampur buah, paket omelet kacang dan sayur atau menu lainnya.

Semoga artikel informasi ini membantu kita dalam menyiapkan sarapan yang sehat demi menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat. Mendapatkan berat badan yang ideal tidak harus menyiksa diri, selalu ada cara yang lebih baik dan tidak membahayakan tubuh kita. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *