Saat Pakai WiFi Gratis, Pastikan Kamu Tidak Lakukan Ini!

wifi gratis

image source: Centrinity

Kamu yang tidak suka terhubung dengan internet gratis, mungkin lebih memilih beli router WiFi sendiri di toko yang jual router wifi murah. Namun banyak juga loh orang yang lebih senang memanfaatkan internet gratis, bahkan rela duduk berjam-jam di kafe atau restoran hanya demi WiFi gratis. Memang, saat menggunakan fitur satu ini, maka kuota internet di handphone pun tidak akan terkuras habis dalam waktu singkat. Ditambah lagi, dengan sinyal yang diberikan oleh WiFi tersebut bisa dibilang cukup kencang, sehingga tidak heran banyak yang memilih fitur ini.

Meskipun begitu, ketika memakai fitur gratis ini, kamu harus selalu waspada, ya! Mengapa? Sebab, jika kamu tidak berhati-hati, maka tidak menutup kemungkinan malah dapat membahayakan handphone-mu. Untuk itu, saat memakai WiFi gratis ini apalagi di tempat umum, baiknya kamu tidak melakukan beberapa hal ini, disadur melalui situs jalantikus.

  • Akses sistem informasi internal. Sekarang, sudah sangat banyak perusahaan, instansi pendidikan dan pemerintahan yang memakai sistem informasi internal yang bisa digunakan khusus untuk karyawan maupun para siswanya. Nah, pastikan jangan membuka informasi internal ini melalui WiFi gratis di tempat umum, sebab tidak menutup kemungkinan nantinya malah dibobol oleh pelaku cyber. Jika dibobol, tentu bisa merugikanmu sekaligus instansti yang kamu naungi.
  • Berkunjung ke situs Dark Web dan Deep Web. Saat menggunakan WiFi gratis, usahakan kamu tidak mengunjungi kedua situs tersebut. Sebab, situs yang sudah dituliskan itu merupakan tempat paling berbahaya yang bisa menyebarkan virus ke handphone maupun PC. Yang paling parahnya, di sebagian kasus, jika handphone sudah terjangkiti virus dari situs ini, malah dapat membuat microphone, webcam, bahkan kamera dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Transaksi online memakai data pribadi. Untuk mempermudah nasabah melakukan transaksi pembayaran, tidak sedikit dari instansi keuangan memberikan layanan melalui internet. Memang, ini sangat membantu, namun kamu tentu harus berhati-hati. Lantaran, banyak penjahat cyber yang bisa membobol transaksi para pengguna, dan mengambil informasi pribadi.
  • Mengunjungi situs yang dilarang. Melihat situs yang sudah jelas-jelas dilarang seperti pornografi, sudah sewajarnya tidak kamu lakukan. Selain melanggar norma, membuka situs ini apalagi melalui WiFi gratis lebih memudahkan penjahat internet melakukan kejahatannya. Untuk itu, usahakan kamu tidak membukanya.

Supaya aman saat menggunakan WiFi gratis, pastikan untuk tidak melakukan beberapa hal di atas ya! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *