Rumah Produksi Sinetron

Rumah Produksi merupakan sebuah wadah yang menampung minat serta bakat dalam dunia film dan televisi. Tidak hanya sebagai wadah menampung, rumah produksi juga menjadi wadah penyalurnya. Hasil produk dari rumah produksi adalah sinetron dan film. Bisa dibilang rumah produksi sinetron lebih berkembang daripada film. Namun tidak dipungkiri bahwa dunia film Indonesia juga semakin berkembang, terbukti semakin banyaknya film Indonesia yang ditanyangkan di luar negeri dan dapat bersaing dengan film –film buatan luar.

Rumah Produksi SinetronSalah satu rumah produksi sinetron Indonesia yang sangat berkembang saat ini menurut beberapa sumber artikel informasi adalah MD Entertainment. MD Entertainment Production House Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2003. 10 tahun ini, MD Entertainment sudah menghasilkan berbagai karya sinetron yang terkenal seperti Cinta Fitri. Cinta Fitri bisa dibilang sinetron produksi MD Entertainment yang paling populer saat ini.

Rumah Produksi Sinetron Dijalankan oleh?

Dalam industri hiburan, populalitas sebuah rumah produksi sangat tergantung gimana cara menaikan nilai proyek sebuah film dan menarik perhatian khalayak ramai (alias rating tinggi / banyak penonton). Jadi memang tidak heran bila kebanyakan rumah produksi dijalankan oleh seorang produsen atau direktur. Namun tidak tertutup kemungkinan perusahaan ini dijalankan oleh orang yang bukan produsen atau direktur.

Dana Rumah Produksi

Industri hiburan berpusat pada pendanaan (investasi studio, investasi swasta, modal pribadi baik itu dari hasil penjualan proyek sebelumnya atau kekayaan pribadi), naskah, bakat akting, sutradara, penulis naskah dan kru. Untuk mendapatkan semuanya itu, ada uang yang harus dikeluarkan. Semakin banyak dana yang tersedia semakin banyak yang bisa dilakukan. Ingat, dana yang didapat tidak hanya membiaya pembelian atau penyewaan perlengkapan syuting saja tetapi juga gaji kru, sutradara, penulis naskah dan aktris serta aktor. Semakin terkenal seorang aktris atau aktor, biasanya akan semakin tinggi honor yang diminta.

Untuk menjadi sebuah rumah produksi yang masuk kategori besar, ada beberapa kategori yang perlu dipenuhi:

  • Dana besar
  • Pernah terlibat dalam proyek besar (dana besar)
  • Menyewa artis atau aktor terkenal

Tidak hanya menjadi rumah produksi besar, dana diperlukan untuk membuat film dengan efek terbaik. Agar film semakin banyak dinikmati alur cerita yang menarik sangat penting dan tidak kala pentingnya adalah aktro atau artis yang ikut bermain didalam film tersebut. Kebanyakan orang mulai menonton sebuah film dikarenakan ada artis atau aktor yang dia sukai. Alasan inilah yang membuat banyak rumah produksi berlomba-lomba mencari orang-orang yang berbakat agar bisa diterbitkan sebagai aktris atau aktor. Dan tentu membuat seseorang terkenal itu tidak gampang, perlu modal / dana. Jadi bisa dibilang Dana merupakan keperluan essential dalam bisnis rumah produksi terutama rumah produksi sinetron. Sinetron memiliki jumlah episode yang panjang jadi bisa diartikan dana yang dibutuhkan lumayan besar. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *