Riset Pengguna Social Media 2013

Social Media semakin banyak digunakan dikarenakan akses internet semakin mudah. Beberapa jaringan sosial yang populer adalah Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram dan Tumbrl. Berikut ini ada 3 riset dari 3 penelitian yang berbeda

Riset Social Media dari Pew Research Center

Pew Research Center adalah sebuah perusahaan yang melaukan riste dan menginformasikannya kepada  kepada masyarakat luas mengenai apa yang sedang trend di dunia internet dan berita menarik lainnya dari seluruh bagian dunia.  Penelitian baru yang dilakukan Pew Research Centre adalah penelitian dengan objek para pengguna Social Media di dunia internet. Hasil penelitian ini kemudian di publish ke Website.

Berdasarkan hasil penilitiannya kita bisa melihat bahwa setidaknya 67 persen pengguna internet menggunakan jaringan social. Untuk lebih jelasnya, berikut hasil riset yang telah mereka lakukan:

riset social media paw

Dilihat dari gambar di atas, bisa kita katakana bahwa analisa atau riset yang dilakukan Pew Research Centre ini mengategorikan objek risetnya secara umum menjadi 2 (dua) :

  • Berdasarkan Jenis Kelamin yaitu Pria dan Wanita.
    • Wanita lebih banyak menggunkan Social Sharing dan Media daripada pria
    • Wanita lima kali limpat lebuh banyak mennggunakan Pinteret
    • Pria lebih banyak menggunakan Twitter daripada Wanita
    • Dari semua jaringan social, Facebook adalah jaringan social yang paling sering digunakan
    • Kaum wanita beberapa kali lipat lebih senang sharing Foto dengan menggunakan media sharing seperti Pinteret dan Instagram daripada kaum pria
  • Berdasarkan Umur

Umur dimana orang –orang masih rajin dan senang menggunakan Jariangan Social pada umur antara 18 – 29. Orang akan semakin mengurangi porsinya dalam bermain di Jaringan Social ketika umurnya semakin tua. Pada umur 65, mereka sudah tidak menggunakan / meninggal kan Twitter, Tumblr dan Instragram.  Beberapa tetap menggunakan Facebook dan Pinterest.

Riset Facebook dari Social Bakers

Social Bakers mengfokuskan dirinya hanya untuk menganalisa Facebook untuk kali ini. Tema yang mereka usung adalah “Negara dengan Pengguna Facebook Tertinggi”. Berikut hasilnya

pengguna facebook

Dari gambar di atas, hasilnya adalah peringkat pertama Amerika, ke-2 Brazil, ke-3 India, ke-4 Indonesia dan pada posisi ke-5 adalah Meksiko. Indonesia adalah satu – satunya negara berkembang dari ASEAN yang berhasil masuk ke daftar 5 besar. Pengguna aktif Facebook di Indonesia ada 48.134.040 per bulan.

Riset Twitter dari Semiocast

Bila Social Bakers mengkhususkan risetnya untuk Facebook makan Semiocast melakukan riset pada Twitter. Ada 2 hal yang ingin dikupas oleh Semiocast yaitu:

  • Negara dengan akun Twitter terbanyak

pengguna twitter

Sekali lagi Indonesia masuk 5 besar. Indonesia menduduki peringkat ke lima dengan memiliki akun twitter lebih dari 15 juta.

  • Kota yang paling banyak Tweet

tweet terbanyak

Kota yang paling banyak meng-tweet ternyata adalah Jakarta. Padahal setelah menambahkan seluruh jumlah akun Twitter, Indonesia hanya mampu menduduki peringkat ke 5. Berarti bisa dibilang masyarakat yang tinggal di Jakarta memang sangat aktif di dunia Social Media.

Bisa dibilang dari riset ini, Social Media bisa menjadi platform yang sangat menguntungkan untuk mengjangkau lebih banyak lagi calon konsumer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *