Prosedur Penggunaan Gamma Knife

Prosedur penggunaan Gamma Knife  dibilang cukup rumit karena digunakan untuk  pengobatan penyakit brain tumor and cancer tanpa menggunakan pisau bedah. Prosedur ini juga diperlukan agar proses pengobatan bisa berjalan lancar dan jaringan kanker cepat dihancurkan. Berikut adalah prosedur umum dalam pengunaan Gamma Knife untuk mengobati brain tumor and cancer serta kelainan pada otak yang lain:

  • Gamma knife untuk brain tumor and cancerMemasangkan bingkai kepala khusus bernama stereotactic head frame pada pasien yang akan diobati. Bingkai ini berfungsi  memastikan kepala pasien tidak bergerak saat proses pencitraan dan pengobatan sehingga sinar radiasi dapat diarahkan tepat ke sasaran.
  • Melakukan pencitraan menggunakan MRI, CT Scan atau DSA untuk menentukan ukuran, bentuk dan lokasi tumor dan kanker otak. Biasanya proses ini memakan waktu 30 menit hingga 1 jam. Jadi pasien diharapkan untuk bersabar dan tenang.
  • Dari hasil pencitraan, para dokter spesialis akan memutuskan kapan terapi dapat dimulai. Para dokter juga akan menhitung perencanaan terapi dengan menggunakan komputer khusus untuk terapi Gamma Knife. Perlu diingat bahwa perencaan terapi ini berbeda untuk setiap pasien karena disesuaikan dengan kondisi medis dan hasil pencitraan.
  • Setelah semua prosedur dijalani dan pasien setuju diterapi. Terapi akan dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Dalam proses pengobatan tumor dan kanker otak, pasien hanya perlu berbaring di tempat tidur mesin Gamma Knife. Selama proses pengobtan, pasien akan tetap sadar dan dapat berkomunikasi dengan dokter melalui media audio video khusus. Bila merasa lelah, pasien bisa meminta waktu istirahat.
  • Setelah terapi Gamma Knife, bingkai kepala akan dilepas dan pasien akan dibiarkan beristirahat di kamarnya. Pasien sudah bisa pulang setelah 1 hari beristirahat namun disarankan untuk menghubungi dokter bila merasa sakit di area kepala karena efek nyeri bisa muncul tiba-tiba pada titik di mana bingkai kepala terpasang. Efek ini akan hilang seiring berjalannya waktu, biasanya 1-2 minggu.
  • Pasien diharapkan untuk check up lagi setelah 3 – 12 bulan proses terapi Gamma Knife. Pada tahap ini, dokter akan mengadakan evaluasi ulang dengan pencitraa untuk melihat apakah brain tumor and cancer itu masih ada,tumbuh lagi atau hilang total.

Semoga dengan keterangan dari kumpulan artikel di atas, pembaca mengenal proses sebelum dan sesudah pengobatan brain tumor and cancer menggunakan teknologi Gamma Knife. –hm-

6 comments for “Prosedur Penggunaan Gamma Knife

  1. adriani tanuwidjaja
    Desember 31, 2012 at 7:39 am

    sy ingin tahu lbh jelas lg mengenai gamma knife. Apakah setlh proses gamma knife ,pasien hrs menjalani kemoterapi?

    • Heni
      Januari 3, 2013 at 9:52 am

      Itu harus konsultasi dengan dokter karena setiap kasus berbeda-beda Kak. Ada yang perlu dan tidak.

  2. Yuningsih
    Agustus 19, 2018 at 12:06 am

    Apakah sy bisa konsultasi dgn dokter yg menangani teknik ini?

    • Heni
      Oktober 11, 2018 at 10:14 am

      Yap, tentu bisa. Untuk saat ini dokter yang mengerti hanya di siloam Tangerang karna baru ada di sana gamma knife center-nya

  3. September 12, 2018 at 4:18 pm

    Saya mau tanya berapa biaya pengobatan mengunakan Gamma knife ini, dan apakah cukup satu kali terapi saja atau akan diulang lg thun² berikutnya

    • Heni
      Oktober 11, 2018 at 10:01 am

      Harga berbeda-beda sesuai dengan case penyakitnya. Contoh untuk pembuluh dara otak yang pecah, biaya pengobatannya bisa nembus 500 juta. Dan jika untuk pengobatan syaraf otak biasa, harganya bisa nembus hingga 60 juta. Jadi tergantung case untuk harganya.

      Sedangkan harus berapa kali terapinya, biasanya hanya sekali saja. Jika ditemukan masalah lagi, baru disarankan terapi lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *