Prosedur Klaim Asuransi Jiwa

Menghadapi kematian dalam keluarga tentunya bukan hal yang mudah. Belum lagi segala biaya serta administrasi yang masih harus dilakukan setelahnya. Salah satunya adalah ketika mengklaim asuransi jiwa yang dimiliki. Banyak orang yang menganggap bahwa proses pengajuan klaim asuransi jiwa ini sangat sulit dan merepotkan, sehingga memilih untuk menundanya. Padahal, dana yang diklaim dari asuransi ini sangat berguna untuk menutupi biaya pemakanan, melunasi kredit atau hutang , serta memenuhi kebutuhan hidup mereka yang ditinggalkan. Karenanya, meski berat, namun klaim asuransi jiwa in harus secepatnya dilakukan. Tidak ingin dipersulit dalam soal klaim, pastikan Anda memilih asuransi jiwa yang tepat, terpecaya dan sudah jelas peraturan klaimnya.

Langkah Pengajuan Klaim Asuransi Jiwa

Berikut ini langkah-langkah dalam mengajukan klaim asuransi, di antaranya:

Temukan Polis Asuransi Jiwa Anda

klaim asuransi jiwaPolis asuransi ini pastinya akan disimpan di tempat yang aman. Beberapa orang ada yang menyimpannya di deposit box (kotak deposit) dan brangkas. Meski begitu, ada juga yang menyimpannnya di dalam lemari. Pastikan kita sudah menemukannya sebelum mengajukan klaim ke perusahaan asuransi. Bila kita sama sekali tidak memiliki ide dimana polis ini disimpan oleh yang bersangkutan, maka cobalah hubungi agen asuransi yang mengurus polis tersebut yang biasanya dapat membantu. Jangan lupa pastikan bahwa polis tersebut dalam keadaan aktif, untuk pengecekannya bisa menghubungi agen asuransi.

Hubungi Agen Asuransi

Pada polis asuransi biasanya terdapat langkah yang harus dilakukan untuk mengajukan klaim. Bila kita merasa kesulitan kita bisa menghubungi agen asuransi untuk membantu menghubungi perusahaan asuransi. Jangan ragu-ragu menghubungi agen asuransi karena memang sudah tugas merekalah untuk membantu proses pengajuan klaim ini. Biasanya setelah menghubungi agen atau perusahaan asuransi kita akan diberikan formulir yang harus diisi sehubungan dengan klaim yang diajukan.

Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

Beberapa dokumen yang harus disiapkan untuk pengajuan klaim asuransi jiwa di antaranya:

  • Formulir Klaim Meninggal yang ditandatangni pemegang polis atau penerima manfaat sesuai dengan tanda tangan pada Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ).
  • Fotokopi hasil pemerikasaan laboratorium dan radiologi.
  • Fotokopi KTP/bukti kenal diri dari penerima manfaat.
  • Surat keterangan meninggal dari dokter/ RS.
  • Surat keterangan meninggal dari pemerintah setempat.
  • Surat keterangan dokter klam meninggal.
  • Surat keterangan kepolisian (BAP) asli, bila yang tertanggung meninggal karena kecelakaan.
  • Polis asuransi asli.

Pastikan kita sudah melengkapi semua dokumen-dokumen ini untuk kelancaran pengajuan.

Tentukan Bentuk Klaim

Beberapa perusahaan asuransi memungkinkan kita untuk memilih bentuk klaim akan kita dapat. Misalnya apakah akan berbentuk seperti tunjangan bulanan, secara lunas, atau menaruhnya di dalam deposit untuk investasi.

Tunggu Perusahaan Asuransi untuk Memproses Klaim

Bila semua dokumen yang diajukan sudah lengkap maka proses pengabulan klaim ini bisa berlangsung cepat, yakni hanya beberapa hari saja. Namun tidak jarang juga memakan waktu hingga berbulan-bulan. Ini karena perusahaan harus benar-benar memastikan apakah keaslian dokumen-dokumen tersebut. (raw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *