Produsen Terbaik Indonesia

Dunia perfilm Indonesia tidak bisa dianggap enteng, bisa dilihat semakin banyaknya film Indonesia yang berhasil menembus pasar perfilman internasional. Eh beneran? Ya, seperti film The Raid: Redemption, Modus Anomali, Laskar Pelangi, Habibie & Ainun, dan lainya. Di balik film-film luar biasa ini tentu ada ada produser terbaik. Tahu siapa saja produsen terbaik di Indonesia? Berikut ini beberapa namanya:

Manoj Punjabi

Manoj PunjabiSiapa tidak kenal dengan nama Manoj Punjabi, produser film sekaligus pendiri perusahaan MD Entertainment. Sudah tidak terhitung jumlah film bahkan sinetron yang digarapnya bersama dengan sutradara-sutradara ternama. Sebut saja film Ayat-ayat Cinta dan Habibie-Ainun yang berhasil go international.

Tidak sedikit penghargaan dan pengakuan yang diterima oleh Manoj Punjabi selaku produser film utama di MD Entertainment. Hampir 50% sinetron di TV Indonesia dibuat oleh perusahaan MD yang dipimpinnya. Keren ya? Kok bisa sih Manoj menjadi produser film yang mumpuni dan selalu menghasilkan karya terbaik? Tentunya, Manoj berhasil hingga sekarang, semata-mata dikarenakan kecintaain Manoj pada dunia film yang sudah ada sejak kecil.

Riri Riza

Riri RizaPria dengan nama lengkap Mohammad Riri Riza merupakan produser film, penulis naskah dan sutradara. Dalam perjalanan di dunia perfilman, film terkenal terkenal dari seperti Petualangan Sherina, Gie, Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi.  Dalam pembuatan filmnya, tidak jarang Riri Riza berkolaborasi dengan Mira Lesmana, sahabat dekatnya.

Sebagai seorang sutradara, Riri sudah pernah diberikan 3 pengharagaan sepertu Sutradara Terpuji di Sutradara Terbaik di FFI 20015, Festival film Bandung 2008, dan  Sutradara Terbaik di Asian Film Festival 2013.

Wow kerena ya? Riri bahkan pernah terlibat dalam memproduksi Film berskala Internasonal sebagai seorang asisten sutradara untuk Mark Peploe untuk film Victory. Mark adalah seorang sutradara Inggris. Pengalamannya ini tentu sangat membantu dia dalam pembuatan film-film hebat lainnya.

Joko Anwar

Joko AnwarPada awalnya Joko Anwar berprofesi sebagai seorang wartawan. Dunia wartawannya mulai menyingung dunia film, ketika Nia Dinata mengajaknya berkolaborasi dalam pembuatan film Arisan (2004). Film Arisan ini menjadi langkah pertama Joko. Selain menjadi sutradara, Joko juga bisa menulis scenario sendiri.  Beberapa film sukses Joko adalah Janji Joni, Pintu Terlarang, Monus Anomaly, dan Jakarta Undercover.

Selain ke-3 nama ini, Indonesia masih memiliki produser-produser film terbaik lainnya. Semoga dunia film Indonesia semakin maju. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *