Piston Sepeda Motor Anda Bermasalah?

piston sepeda motorPiston sepeda motor adalah salah satu komponen pada mesin yang berfungsi menerima panas dari proses pembakaran. Energi yang diterima kemudian diteruskan menjadi energi mekanis. Dari fungsi bisa dilihat bahwa piston merupakan bagian dari mesin sepeda motor yang sangat penting.

Salah satu saran dari agen dan bengkel sepeda motor untuk menjaga keawetan piston sepeda motor adalah dengan rajin menganti oli pelumas secara berkala. Secara berkalanya itu berapa lama?sekali sebulan? 2 kali sebulan?  Ada bisa memilih mengganti oil sebulan sekali (atau sesuai saran dari agen motor Anda). Atau Anda bisa menunggu sepeda motor Anda mencapai batas kilometer dimana Anda wajib mengganti oil. Biasanya batas kilometer sebuah sepeda motor adalah 3.500 – 5.00 kilometer.
Jika Anda rajin mengganti oil namun tidak berarti piston sepeda motor akan awet. Ada aja masalah piston rusak walaupun sudah diganti oilnya secara berkala. Apa masalahnya? Apa penyebab dan cara mengatasi piston bermasalah?

Tanda Piston Sepeda Motor Sedang Bermasalah dan Cara Mengatasinya

Asap Putih Tebal Mengepul dari Knalpot

Pada kasus mesin sepeda motor masih bagus, oil tidak akan bisa merembes ke ruang bakar karena sudah dibatasi  oleh ring oli piston sepeda motor. Jika ring sudah aus dan setang piston bermasalah, oil akan merembes ke ruang mesin ketika piston berkerja. Oil yang seharusnya berfungsi sebagai pelumas akhir bertemu dengan bahan bakar. Dan pada saat pembakaran terjadi, kepulan asap keluar dan sisa gas pembakaran dari knalpot.

Penyebab masalah ini adalah

  • Usia mesin yang sudah tua
  • Tidak dirawat dengan baik
  • Mengangkut beban melebihi kapasitas
  • Melibas jalan ekstrim  dalam kurung waktu lama
  • Salah pemasangan piston

Lalu gimana solusi memperbaikinya? Menurut mekanik Gloria Motor Jatinegara, Aswani di Tempo, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah mengganti piston yang rusak dengan yang baru.

Tenaga Motor Turun secara Drastis alias Makin Loyo

Bila tenaga atau performa sepeda motor turun drastis, mungkin penyebabnya adalah piston sudah tidak berfungsi secara maksimal dalam melakukan tugasnya yaitu mendorong bahan bakar ke ruang pembakaran. Dengan piston tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik menyebabkan proses pembakaran antara bahan bakar dan oksigen tidak sempurna sehingga tenaga yang berhasil dibuat kecil.

Apa penyebabnya?

  • Pemasangan mungkin kurang tepat
  • Faktor usia
  • Terlalu sering membawa barang diluar kapasitas sepeda motor

Solusi untuk masalah ini dari Asnawi adalah memeriksakan masalah ini pada bengkel yang lengkap peralatannya terlebih dahulu. Ini untuk memastikan apakah penyebabnya adalah piston atau masalah di komponen lainnya. Jika sudah yakin 100% penyebabnya adalah piston, maka cara mengatasinya adalah ganti komponen tersebut.

Jadi sudah tahukan apa gejala, penyebab, masalah dan solusi jika piston sepeda motor Anda bermasalah. –hen-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *