Pilih Service Digital Marketing Sesuai Kebutuhanmu

Digital MarketingDengan berkembangnya zaman yang semakin canggih, membuat kita harus terus melek dan beradaptasi. Salah satu pekembangan yang paling kerasa tentu saja berhubungan dengan dunia online. Dunia online bukan hanya menjadi media pertukaran informasi saja namun telah menjadi media jual beli sehingga memiliki situs saja tidak cukup karna kompetisi dunia online yang sudah tinggi. Kita perlu membuat orang tahu mengenai situs kita dengan mengguakan jasa digital agency Jakarta yang berpengalaman dan sudah tahu medan perang di dunia online.

Jika sudah memilih jasa digital agency untuk menjalankan campaign, saatnya kita terjun lebih dalam. Saat bertemu dengan agency yang sudah dipilih, kita akan disugguhkan berbagai cara untuk mempromosikan produknya. Biar tidak bingung, berikut ini sedikit dasar pengetahuin mengenai service-service yang pada umumnya akan ditawarkan digital agency di Jakarta:

Iklan Digital

Ternyata iklan tidak hanya bisa ditampilkan di TV, diperdengarkan di radio atau dicekat di media cetak (majalah atau koran), namun juga bisa di dunia online. Perbedaannya adalah iklan digital ini terbagi menjadi banyak jenis seperti:

  • Google AdWords merupakan jasa iklan Google dimana kita bisa memasang iklanpada mesin pencarian Google, YouTube, Games di Play Store ataupun di website-website yang telah bekerja sama dengan Google.
  • Social Media Ads merupakan iklan yang dipasang di social media seperti Facebook, Instagram atau LinkedIn.

Wah, ternyata banyak juga tempat untuk pemasangan iklan digital. Hal lain yang membedakan dengan iklan offline adalah cara menghabiskan budget. Pada iklan online budget habis bisa karna  per klik pada iklan atau per impression (kemunculan iklan). Jika mau hemat dan memang mau mengejar hasil, maka kita pasti akan disarankan untuk memilihi perhitungan dengan per klik. Namun ingat, jika budget habis, maka iklan kita tidak akan tayang lagi.

Enaknya iklan digital, kita bisa ganti-ganti tag line, gambar atau info yang ingin kita sugguhkan pada target market. Sehingga cara ini sangat cocok untuk menginformasikan peluncuran website, produk baru,  atau promo.

SEO

Pada saat mencari sesuatu dengan bantuan Google Search dan halaman hasil keluar, kita dapat melihat hasil seperti di bawah ini.

seo
image source: Google

Hasil pencarian tanpa ada cantuman kata “Ads” atau “Iklan” disebut dengan hasil organic. Cara untuk mempercepat website kita muncul di hasil organic apalagi jika websitenya adalah website baru adalah menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Berbeda dengan Iklan Digital yang langsung muncul sekali budget masuk, SEO membutuhan waktu. Namun enaknya hasil SEO bisa bertahan lama dibandingkan Iklan Digital walaupun budget sudah habis. Jadi bisa dibilang SEO itu untuk hasil jangka panjang sedangkan Iklan Digital untuk hasil instan.

Endorsement

Sekarang banyak sekali artis-artis digital baik untuk Instagram, YouTube ataupun blogger dengan follower yang tidak sedikit (ps: bisa ampe ratusan ribu followernya). Salah satu cara untuk mempromosikan produk atau jasa kita dengan cepat dan BANG adalah membayar endorsement untuk menggunakan produk atau jasa kita lalu melakukan review. Hasil reviewnya akan ditonton, dilihat atau dibaca oleh para followernya yang tentu tidak sedikit. Jika reviewannya baik, tentu brand kita akan terangkat. Cuma masalahnya cara ini cukup costly banget namun efeknya oke sih.

So, mau pilih service digital mana untuk melakukan promosi? Atau pakai semuanya aja biar dapat exposure yang gede sekalian. Sebenarnya selain 3 service digital di atas masih ada optimize Social Media dan Conten Marketing. Namun itu akan dibahas lain kali saja. -hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *