Pilih KTA atau Kartu Kredit, Saat Membutuhkan Uang Tunai?

uang tunai

source: google

Tidak ada yang bisa memungkiri bahwa tuntutan kebutuhan hidup semakin tinggi. Dan tidak jarang tiba-tiba kita membutuhkan dana tunai yang gak sedikit. Jika kebutuhan dana tunai ini kecil, bisa aja ditutupi dengan dana darurat yang sudah disiapin. Namun jika dana darurat gak cukup, mau tak mau kita harus pinjam tunai.

Untuk mendapatkan uang tunai, bisanya kita pinjam uang dengan teman / saudara. Namun jika ternyata teman /saudara gak bisa memberikan pinjaman tunai, masih ada cara lain yaitu service tarik tunai pada kartu kredit atau mengajukan kredit tanpa agunan (KTA).

Dari 2 cara terakhir ini, mana yang harus kita pilih? Ke-2 cara ini bisa menjadi jalan memenuhi kebutuhan kita akan uang tunai dengan biaya yang tinggi. Jadi sebelum memilih salah satu, kita perlu memastikan penggunaanya emang tepat. Untuk itu, kita perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum mengambil keputusan:

Udah Tahu yang Mana yang Murah?

Cari info lebih lanjut mengenai  biaya yang akan dibebankan dan berapa persen bunga yang perlu dibayarkan jika menggunakan kartu kredit dan KTA. Udah dapat infonya, bandingkan agar tahu dari ke-2 cara ini mana yang menawarkan biaya dan bunga yang lebih murah serta pembayaran perbulan yang ringan.

Jumlah Kebutuhan Uang Tunai

Jika kebutuhan uang tunai sangat banyak, coba cross cek limit tarik tunai pada kartu kredit. Jika limitnya gak cukup, berarti udah pasti cara yang bisa dipilih adalah KTA.

Kemudahan akses

Untuk tarik tunai kartu kredit kita bisa melakukannya di mesin ATM. Sementara KTA, uang biasanya ditransfer melalui rekening bank kita, setelah pengajuannya disetujui. Pengajuan KTA sendiri, saat ini juga sudah lebih mudah, yakni dengan memanfaatkan situs pinjaman online tanpa agunan alih-alih mengajukannya ke bank secara langsung.

Disiplin Membayar

Menggunakan servis tarik tunai pada kartu kredit, memungkinkan kita membayar dengan nilai minimal untuk perbulannya. Emang terlihat oke karena jumlah yang dibayar kecil perbulan, namun tahukah kalian bahwa nilai hutang akan semakin membengkak dikarenakan skema bunga dalam hitungan kartu kredit? Semakin lama hutang dibiarkan, semakin bertambah tinggi hutang yang perlu dibayar.

Berbeda dengan kartu kredit, KTA tidak menawarkan opsi pembayaran minimal. Jika pijaman tunai yang kita ajukan adalah 6 bulan maka hutang kita akan ditambah bunga dan dibagi menjadi 6 bulan untuk menentukan pembayaran perbulan yang perlu kita lakukan.

Jadi udah tahu mau pilih pinjaman tunai melalui KTA atau kartu kredit? –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *