Pilih Ban Sepeda Motor yang Tepat untuk Anda

ban sepeda motorSalah satu kendaraan yang paling banyak terlihat di jalanan bukanglah kendaraan beroda 4 melainkan kendaraan beroda 3 yaitu sepeda motor. Hal ini berlaku terutama di ibu kota Indonesia, Jakarta. Walaupun angka penggunaan sepeda motor tinggi, namun ternyata masih banyak pengguna yang belum tahu cara tepat memilh ban sepeda motor, terutama bagi orang yang baru memiliki sepeda motor. Kebingungan memilih ban ini semakin diperparah dengan munculnya berbagai jenis ban dengan berbagai merek. Kebingungan bertambah dengan kebingungan hasilnya adalah pusing.

Gimana Cara Memilih Ban Sepeda Motor yang Tepat untuk Anda?

Pakai Ban Dalam atau Tidak

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah ban terdiri dari ban dengan ban dalam atau tidak (tubeless). Apa bedanya? Dibandingkan ban biasa, ban tubeless menawarkan berbagai keuntungan seperti

  • Lebih tahan bocor artinya pas kena ranjau paku, ban tidak akan langsung bocor atau kempes seperti ban biasa. Masih ada waktulah untuk membawa ke bengkel atau tukang tambal ban khusus tubeless untuk memperbaikinya.
  • Lebih awet karena ban ini bisa bertahan hingga 1,5 tahun. Menurut beberapa pengguna sepeda motor, walaupun periode penggunaannya pendek namun ban ini lebih aman menghadapi ranjau paku daripada ban biasa.

Jangan Memilih Ban dengan Ukuran Telapak yang Kecil

Menggunakan ban sepeda motor dengan ukuran telapak yang kecil  beresiko. Resiko apa? Ban mudah pecah, tergelincir dan tidak stabil untuk jalan berbatu. Ingat, bahwa jalan di Indonesia banyak yang belum mulus, masih ada krikil dan batu.
Disarankan memilih ban sepeda motor yang ukuran telapaknya sedang atau besar.  Ukuran telapak sedang dan besar akan cenderung stabil. Memang dengan menggunakan ukuran ini bakal banyak tenaga yang terbuang disebabkan gesekan ban dan jalan lebih besar. Tapi yang penting selamat.

Ban Sepeda Motor Basah atau Kering?

Indonesia memiliki 2 cuaca yaitu kemarau dan hujan jadi pilihan bannya juga hanya 2 yaitu basah atau kering. Disrarankan memilih ban basah. Kenapa? Sesuai namanya, ban basah memiliki cengkraman di jalan yang basah (habis banjir atau hujan) lebih baik dibandingkan ban kering. Selain itu ban basah juga bisa mencengkram dengna baik di jalanan yang kering. Jika menggunakan ban kering di jalanan yang basah, bisa menyebabkan tergelicir. Jadi pilih yang pastinya aman saja.

Motif Ukiran pada Ban Sepeda Motor itu Penting

Untuk keperluan sehari-hari, carilah motif ukiran ban yang searah dengan sudut menyamping 45 derajat. Hal ini utnuk memudahkan penyingkiran air  kesamping sehingga memudah pengcekeraman di atas pemukaan jalan.

Jangan Memilih Ban Sepeda Motor yang Kadarluasa

Ban ada masa kadarluasa? Jangan membeli ban yang usianya sudah di atas 3 tahun. Usianya ini dihitung dari tanggal produksi. Setiap ban sepeda motor memiliki kode khusus yang diberikan produsen untuk menunjukan kapan ban tersebut diproduksi. Umumnya, kode ban berupa angka seperti 0214 yang berarti ban tersebut diproduksi minggu ke-2 tahun 2014.

Nah sudah tahukan gimana cara memilih ban sepeda motor yang tepat. Selain tips di atas, ada 1 tips tambahan lagi yaitu lakukan pengecekan dengan teliti untuk memastikan ban sepeda motor yang akan Anda beli memang tidak ada cacat. Ban sepeda motor yang sudah terlihat retak atau tergores mending jangan dipilih karena umur penggunaanya sudah pendek. Sedangkan untuk merek cari yang review positifnya paling banyak.
Semoga cara memilih ban sepeda motor ini dapat membantu. –HM-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *