Perubahan Sistem Asuransi Kesehatan AS

Akhir tahun 2012, media offline dan online di AS (Amerika Serikat) sedang marak-maraknya memberitakan tentang perubahan sistem asuransi kesehatan yang kemungkinan akan diberlakukan sejak 2014 sesuai dengan postingan di blog Kathleen Sebelius yang merupakan Sekertaris di Health and Human Service. Bagi negara-negara bagian yang ingin tetap mengikuti peraturan mengenai kesehatan dan asuransi yang dikeluarkan Presiden Barak Obama, perlu mendaftarkan diri. Batas waktu pendaftaran berakhir pada tanggal 14 Desember 2012 (Jumat).

Dalam CNBC istilah yang digunakan adalah berpartner dengan pemerintah pusat dalam mengatur asuransi dimana pemerintah pusat yang membuat peraturan dan cara mainnya, pemerintahan negara bagian yang menjalankannya dengan dibantu pemerintahan pusat. Pemerintahan negara bagian AS bisa memilih untuk berpartner dengan pemerintahan pusat atau menjalankan sendiri sistem asuransi mereka. Menurut artikel yang ada di CNBC, emamg ada beberapa negara bagian yang memilih untuk melakukan sendiri alias tidak berpartner dengan pemerintahan pusat.

Cuma ada beberapa kendala bila negara bagian tersebut mempunyai sistem asuransi sendiri. Berikut beberapa kendalanya:

  • Harus melakukan pendaftaran ulang bila pindah ke negara bagian lainAsuransi Kesehatan Amerika
  • Asuransi tidak akan berlaku di negara bagian lain sehingga pemilik premi tidak akan mendapat tanggungan ketika dia mengalami sakit atau kecelakaan terkecuali pemilik kembali ke negara bagiannya

Keuntungan berpartner dengan pemerintahan pusat (memiliki satu sistem asuransi):

  • Memiliki syarat dan ketentuan yang sama untuk setuap negara berpartner
  • Negara bagian tidak perlu pusing karena semua peraturan, syarat dan ketentuan diurus sama pemerintah pusat
  • Asuransi mudah diurus walaupun pindah ke negara bagian lainnya sehingga boleh dibilang lebih terjamin

Namun pastinya negara bagian yang memutuskan untuk tidak berpartner pasti sudah memikirkannya dengan matang. Kedepannya untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses dan membeli asuransi kesehatan, pemerintahan pusat AS akan membangun pasar online dimana masyarakat AS dapat dengan mudah membeli asuransi daru UnitedHealth, Wellpoint, Aetna dan Cigna. Di pasar online itu, masyarakat juga akan mendapatkan informasi lengkap megenai manfaat, kualitas, biayanya. Boleh dibilang, proses pembelian asuransi kesehatan ini akan disederhanakan.

Semoga informasi ini mengenai perubahan sistem asuransi kesehatan ini berguna. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *