Pertimbangan untuk Memilih Oli Motor Matik yang Tepat

oli motorMemilih oli mesin yang berkualitas untuk motor matik Anda merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Sebab dengan oli yang tepat, maka performa mesinnya pun dapat bekerja secara maksimal. Bagi Anda yang masih bingung untuk menentukan oli seperti apa yang sesuai untuk kendaraan Anda, mengunjungi bengkel ganti oli atau bengkel kendaraan bermotor mungkin bisa menjadi pilihan. Sebab Anda bisa berdiskusi langsung dengan montir di sana terkait oli yang pas untuk motor matik kesayangan Anda.

Namun demikian, jika Anda tak sempat berkunjung ke bengkel dan perlu insight untuk oli kendaraan Anda, mungkin beberapa pertimbangan ini bisa membantu:

  • Pilih oli yang sesuai dengan rutinitas harian Anda. Pertimbangan pertama yang harus dicek sebelum memilih oli yang tepat untuk motor matik adalah rutinitas harian Anda. Pilihlah oli yang bisa memenuhi kebutuhan kendaraan Anda sesuai dengan kegiatan sehari-hari. Misalnya, Anda tergolong pengguna yang sering berada di luar ruangan dan selalu melewati lalu lintas padat. Maka, motor Anda membutuhkan oli untuk menunjang aktivitas tersebut dan juga mengandung zat aditif. Sebab motor dengan mesin yang cepat panas karena sering berhenti membutuhkan zat aditif untuk mengurangi panas pada mesin. Jadi, cek dulu kebutuhan Anda dan pilih oli yang dapat memenuhinya.
  • Cek kekentalan. Patut diingat bahwa oli untuk motor matik tentunya berbeda dengan oli untuk sepeda motor lain. Setiap jenis sepeda motor memiliki oli khusus tersendiri dengan ‘racikan’ yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan mesinnya. Untuk motor matik sendiri, yang paling penting untuk diperhatikan adalah kekentalannya. Pilih oli motor matik dengan kekentalann yang tepat. Disarankan untuk memilih oli mesin dengan kekentalan API SL (Standart American Petroleum Institute) L yang sangat sesuai dengan kebutuhan sepeda motor matik.
  • Kualitasnya. Setelah melihat kebutuhan mesin dan juga kekentalannya, yang selanjutnya harus dicek adalah kualitasnya. Telitilah dalam memilih oli dan pilih oli yang memiliki kualitas prima. Pastikan oli yang Anda pilih sudah mendapatkan sertifikasi dari API dan JASO. Mengapa? Sebab oli yang mendapatkan sertifikasi API berarti sudah diakui oleh American Petroleum Institute dan JASO berarti oli tersebut sudah teruji kualitasnya oleh Japanese Automotive Standar Association.

Itu dia pertimbangan sebelum memilih oli terbaik untuk motor matik Anda. Semoga membantu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *