Persiapan Untuk Konsultasi Kehamilan Pertama

Persiapan Untuk Konsultasi Kehamilan Pertama

Kapan Ibu hamil harus memulai konsultasi ke dokter? Jawabannya adalah konsultasi ibu hamil bisa dimulai ketika ibu merasa atau tahu ibu sedang hamil. Saat ibu melakukan pengecekan test pack dan hasilnya positif, ibu perlu melakukan konsultasi untuk memastian apakah ibu benar-benar hamil.  Setelah ibu yakin bahwa ibu hamil, langsung lanjutkan konsultasi. Sama seperti konsultasi kesehatan anak yang bisa dilakukan online dan offline, ibu pun bisa melakukan konsultasi kehamilan pertama ini secara offline alias dengan menemui dokter kandungan langsung atau dengan online melalui forum-forum ibu hamil.

Jika mendatangi dokter kandungan secara langsung menjadi pilihan ibu, berikut beberapa hal yang bisa dipersiapkan sebelumnya agar konsultasi berjalan lancar.

Persiapan Ibu Untuk Konsultasi Kehamilan Pertama

Buat Janji dengan Dokter

Cari dokter kandungan yang ingin ibu datangi. Ini bisa berdasarkan lokasi yang dekat atau review dari teman dan saudara. Telp rumah sakit untuk menanyakan jam praktek. Jika jamnya cocok, langsung buat janji ketemu. Jika ibu adalah pasien baru, disarankan datang lebih cepat 10 – 15 menit untuk melakukan pendaftaran. Bagi ibu yang memiliki asuransi untuk mengcover konsultasi kehamilan, pada saat pendaftaran langsung menginformasikannya saat pendaftaran atau saat membuat janji ketemu dengan dokter.

Persiapan Fisik dan Support Mental

konsultasi ibu hamilPada konsultasi pertama dan seterusnya, sangat disarankan ibu untuk menjaga kondisi tubuhnya. Dengan kondisi yang prima tentu konsultasi dan pemeriksaan bisa dilakukan dengan lancar dan akurat. Jaga kondisi tubuh dengan menghindari makanan fast food dan minuman bersoda serta beralkohol. Konsumsi lebih banyak air putih, agar kondisi tubuh tidak dehidrasi.

Dan pastikan ibu ditemani baik oleh suami, orang tua ataupun sahabat sebagai support mental.  Ngobrol dengan keluarga atau suami agar mereka bisa menyempatkan waktu menemani ibu. Pada masa kehamilan, kondisi mental ibu cendrung moody sehingga disarankan ada 1 orang yang menemani untuk mendengarkan dan mengingat informasi yang diberikan dokter.

Persiapakan Pertanyaan yang akan Diajukan

Pertanyaan yang perlu diajukan saat konsultasi pertama ibu hamil adalah

Pertanyaan pertama: Berapa usia kandungan ibu? – semakin dini diperiksa semakin akurat usia kandungan yang bisa diberitahukan dokter pada ibu

Pertanyaan ke-2 : Apa pemeriksaan wajib yang perlu dilakukan ibu dan berapa sering ibu perlu melakukan konsultasi? – dokter akan menjabarkan apa saja pemeriksaan rutin yang perlu dilakukan dan kapan ibu perlu datang berkonsultan kembali, dengan ini ibu bisa tahu pasti kapan harus meluangkan waktu bertemu dengan dokter

Pertanyaan ke-3 : Gimana kondisi kandungan dan apa saja yang harus dihindari atau dilakukan pada masa kehamilan pertama ? – ini untuk memastikan kondisi janin yang sehat dan gimana cara menjaga agar janin bisa tumbuh dengan baik

Pertanyaan ke-4 : Apakah perlu menambah suplemen? Atau menjaga asuapan makanan?  – di sini dokter akan menjelaskan apakah ibu perlu meminum vitamin dan makanan apa saja yang perlu dihindari atau diperbanyak konsumsinya.

Setelah dokter menjawab pertanyaan ibu, sangat disarankan untuk mengingatnya.

Semoga konsultasi ibu hamil pertama ibu berjalan lancar. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *