Perhatikan Ini Sebelum Menentukan Jendela Untuk Rumah

jendela putarJendela menjadi bagian penting untuk sebuah hunian. Jika Anda tinggal di apartemen, mungkin akan sulit bagi Anda menentukan berbagai hal mengenai komponen rumah yang satu ini. Baik material yang akan digunakan untuk pembuatan kusennya, apakah menggunakan kusen UPVC Jakarta, alumunium, atau kayu, maupun peletakkan atau posisi jendela. Namun, jika Anda tinggal di rumah, Anda akan bebas menentukan jenis jendela yang sesuai dengan rumah.

Nah, untuk Anda yang saat ini sedang membangun rumah untuk hunian Anda, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan, antara lain:

  • Posisi rumah

Arah cahaya maupun udara sangat berkaitan dengan posisi rumah Anda. Sangat disarankan agar jendela rumah Anda menghadap ke arah utara atau selatan, dengan begitu cahaya dapat masuk ke dalam ruangan tetapi tidak terlalu memberikan panas ke dalam ruangan. Jika jendela rumah Anda mengarah ke barat atau timur, cahaya yang masuk akan sangat terang dan mungkin membuat silau. Selain itu, ruangan akan menjadi semakin panas.

  • Konsep ruangan

Apakah ruangan yang akan dipasang jendela tersebut akan menggunakan AC atau tidak harus Anda tentukan sejak awal. Jika ruangan tersebut tidak direncanakan untuk menggunakan AC, maka Anda harus memposisikan jendela di lokasi udara dapat bersirkulasi dengan lancar. Selain itu, buatlah desain jendela agar dapat dibuka hingga maksimal. Dengan begitu, ruangan tetap akan terasa sejuk. Namun jika ruangan akan menggunakan AC, maka ada baiknya jika jendela dibuat permanen dan tertutup rapat agar tidak ada udara yang keluar sehingga AC dapat berfungsi maksimal.

  • Material kusen

Pilihlah material kusen yang sesuai dengan konsep ruangan. Jika ruangan memiliki konsep nature, maka Anda bisa menggunakan kayu sebagai materialnya. Selain itu, pikirkan juga mengenai perawatannya dan kondisi tempat tinggal Anda. Jika Anda tinggal di area yang memiliki tingkat kelembapan cukup tinggi, ada baiknya menghindari material kayu karena rentan mengalami pelapukan dan juga sensitif terhadap rayap.

Dengan memiliki jendela yang sesuai, maka akan semakin meningkatkan keindahan penampilan rumah dan juga kenyamanan hunian Anda. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *