Perbedaan Asuransi Jiwa dan Unit Link

asuransiBanyak dari kita yang bingung memilih antara asuransi jiwa dan unit link. Kenapa? Karena ke-2 produk ini sebenarnya menawarkan hal yang agak mirip yaitu jaminan / proteksi jiwa namun dengan jenis paket yang berbeda. Untuk memutuskan mengambil asuransi jiwa atau unit link, kita perlu fokus melihat perbedaannya. Perbedaannya ada pada manfaat asuransi unit link dan asuransi jiwa serta paket yang ditawarkan.

Perbedaan Antara Asuransi Jiwa dan Asuransi Unit Link

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa dikenal juga dengan sebutan asuransi jiwa tradisional. Produk asuransi ini merupakan produk lama yang menjamin jiwa. Dalam produk asuransi jiwa, ada ditawari 3 paket yang berbeda yaitu:

Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life)

Paket asuransi jiwa ini memberikan proteksi / jaminan dengan jangka waktu yang terbatas. Keunggulan paket ini adalah harga premi per bulan yang rendah sedangkan nilai pertanggungannya besar. Jika hingga kontrak habis, pemegang premi masih dalam keadaan sehat-sehat saja (tidak ada klaim), maka secara otomatis tidak ada uang yang akan dikembalikan atau diterima.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life)

Periode pelindungan paket ini lebih panjang dibandingkan asuransi jiwa berjangka. Walaupun harga premi per bulannya emang mahal, pemegang premi bisa mendapatkan proteksi dengan periode yang lebih lama dan uang kembali jika pada akhir kontrak pemegang premi masih sehat (tidak ada klaim).

Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)

Paket asuransi ini memiliki nilai premi paling tinggi dibandingkan paket asuransi jiwa lainnya. Hal ini dikarenakan adanya nilai tunai scara berkala sebelum masa kontrak habis. Kok bisa ada nilai tunai? Karena asuransi jiwa ini tidak hanya memberikan proteksi jiwa saja namun juga tabungan. Dalam produk ini, nilai yang dibayarkan perusahaan asuransi ada 2 jenis yaitu:

  1. Uang pertanggungan ketika pemegang premi meninggal dalam periode tertentu
  2. Nilai tunai (uang tunai) bila pemegang premi masih sehat (tidak ada klaim) hingga akhir kontrak

Asuransi Unit Link

Asuransi Unit Link merupakan asuransi jiwa yang digabung dengan investasi. Berbeda dengan paket asuransi jiwa tradisional. Investasi pada unit link merupakan investasi yang langsung dikaitkan dengan kinerja investasi di pasar. Beberapa instrumen investasi unit link yang digunakan adalah

  • Saham
  • Obligasi
  • Reksadana
  • Dana Campuran

Besarnya hasil investasi tergantung dengan pemilihan instrument dan besarnya nilai kenaikan di pasar. Jadi hasil bisa lebih banyak atau sedikit tergantung nilai kenaikan.

Di dalam asuransi unit link, pemegang premi mengetahui dengan jelas berapa persen alokasi dana untuk asuransi jiwa dan investasi. Bahkan setiap bulannya, setelah pembayaran premi, perusahaan asuransi akan mengirimkan bukti alokasi dana dan biaya admin. Jika asuransi jiwa, kita tidak tahu besarnya pembagian dalam premi dan biaya admin. Bisa dibilang untuk nilai investasi, unit link lebih unggul dibandingkan asuransi jiwa tradisional.

Semoga info perbedaan asuransi jiwa dan unit link membantu.–hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *