Perawatan Mobil Ini Penting Namun Sering Terlupakan

mobilPunya mobil nggak boleh cuma tahu cara mengendarainya saja. Kamu juga harus tahu bagaimana cara merawatnya. Tidak hanya sekadar mengetahui harga oli mobil terbaik dan kemudian menggunakannya saja, tetapi kamu juga harus mengetahui perawatan lainnya. Sebab semua komponen pada mobil adalah komponen vital yang saling berhubungan dan saling melengkapi. Jika ada yang bermasalah, tentu saja akan memengaruhi kenyamanan menyetirmu, tau bahkan bisa mengganggu keselamatan berkendara.

Nah, jika kamu masih merasa sudah mengetahui dan memberikan perawatan terbaik untuk mobil kesayanganmu, coba deh cek beberapa poin di bawah ini. Sebab beberapa poin berikut adalah perawatan yang penting, namun sering terlupakan oleh para pemilik mobil, yaitu:

  • Karet wipper

Komponen ini berukuran kecil dan cukup jarang digunakan pada saat musim kemarau. Sebab alat ini memang berfungsi untuk membersihkan air dari kaca mobil pada saat musim hujan. Sayangnya, karena jarang digunakan saat musim kemarau, komponen ini jadi tidak pernah diperhatikan. Akibatnya mereka tidak menyadari bahwa karet pada wipper telah bermasalah dan tidak bisa berfungsi normal. Mereka baru menyadarinya saat musim hujan dan menggunakannya. Padahal, jika air pada kaca mobil tidak tersapu sempurna, dapat menyebabkan pandanganmu saat berkendara menjadi terganggu dan tentunya hal ini sangat berbahaya.

  • Rotasi ban

Tahukah Anda bahwa setiap beberapa waktu sekali, ban harus dilakukan rotasi dalam hal posisinya? Jika kamu membaca buku panduan yang kamu terima saat membeli mobil, kamu pasti mengetahuinya. Sayangnya, banyak dari pemilik mobil yang mengabaikan buku panduan ini. Nah, rotasi ban yng dimaksud adalah menukar posisi ban secara menyilang, yaitu ban depan kanan dipindah ke belakang kiri, dan sebaliknya. Kemudian ban depan kiri dipindan ke belakang kanan, dan sebaliknya.Hal ini penting untuk mencegah keausan ban sebagian. Sebaiknya, lakukan rotasi ban ini ketika jarak tempuh sudah mencapai 10.000 km.

  • Lampu

Cukup banyak pengendara yang tidak menyadari bahwa ada lampunya yang mati hingga saat sudah dalam perjalanan. Padahal, lampu merupakan hal yang sangat penting khususnya saat Anda berkendara di malam hari. Sebaiknya, sebelum Anda mulai berkendara, lakukan pengecekan terhadap semua komponen termasuk lampu, untuk memastikan bisa bekerja dengan baik. Tidak hanya itu, pastikan untuk melakukan perawatan pada komponen ini dengan membersihkan kaca lampu secara rutin agar cahaya yang keluar tidak terhalang.

Selain ketiga hal di atas, banyak juga pemilik kendaraan yang sering lupa memeriksa dan mengganti 3 filter dalam komponen mesin mobil. Padahal, meskipun komponen ini kecil namun memiliki fungsi yang cukup vital bagi mesin maupun kesehatan dari orang yang berada di dalam mobil. Nah, setelah mengetahuinya, jangan lupa untuk memperhatikan semua perawatan penting tersebut ya. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *