Penyebab Mesin Motor Sulit Menyala

motor

source: harga motor

Sedang terburu-buru ingin pergi, namun mesin motor tidak mau menyala. Huh, rasanya pasti sangat menyebalkan ya. Jika sudah begini, langsung deh memeriksa polis asuransi motor untuk mengecek apakan perbaikannya akan duitanggung atau tidak. Kan lumayan, tidak perlu mengeluarkan uang untuk memperbaiki motor.

Eits, jangan keburu ke bengkel ketika menemukan permasalahan ini. Sebab, ternyata ada beberapa penyebab yang cukup sederhana dan bisa kamu atasi sendiri. Namun, ada juga beberapa penyebab yang memang harus ditangani oleh ahlinya. Jadi, ada baiknya sebelum kamu memutuskan untuk membawa motor kesayanganmu ke bengkel, cari tahu terlebih dahulu penyebab mesin motor sulit menyala berikut ini:

Karburator kotor

Ketika menemukan masalah ini, cobalah untuk memeriksa karburator terlebih dahulu. Cobalah cek apakah karburator sudah dalam kondisi kotor. Sebab, karburator yang kotor atau terlalu banyak endapan dapat menyebabkan mesin sulit menyala. Jika iya, maka segera bersihkan dan coba nyalakan kembali mesin motor.

Bensin tercampur air

Bensin harus selalu dalam konduisi bersih dan tidak tercampur berbagai kandungan lainnya selain yang dibutuhkan. Jika bensin mengandung air, meskipun hanya sedikit saja, maka akan menyebabkan mesin sulit menyala, atau bahkan masalah lainnya. Masalah ini, biasanya terjadi atau dialami pada motor yang sudah mengalami modifikasi, khususnya pada bbagian penyaring atau filter. Itulah sebabnya, sebaiknya lebih perhatikan lagi dampak pada motor ketika kamu ingin memodifikasi motor.

Tangki bensin kotor

Meskipun tidak mengalami modifikasi, namun tidak menutup kemungkinan tangki bensin akan mengandung kotoran. Jika kotoran atau endapan pada tangki sudah berjumlah cukup banyak, maka tidak menutup kemungkinan mesin motor akan sulit menyala. Itulah sebabnya, jangan pernah mengabaikan masalah kebersihan tangki bensin ini ya.

Kompresi mesin lemah

Periksa apakah kompresi mesin masih cukup kuat ataukah sudah lemah. Caranya, lepaskan busi, dan kemudian letakkan jari pada lubang busi, setelah itu coba sela kick starter motor. Jika kompresi dirasa masih kuat, artinya mesin motor masih dalam kondisi bagus. Akan tetapi, jika kompresi lemah, artinya ada yang tidak beres, dan biasanya kondisi ini disebabkan adanya klep yang bocor.

Masih ada beberapa penyebab lainnya yang mungkin saja terjadi pada motormu. Namun, dengan perawatan yang baik, serta memperhatikan dampaknya saat kamu memodifikasi motor, maka masalah ini bisa dihindari. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *