Penyebab Kerusakan Mesin Mobil

mobilMenggunakan oli mesin terbaik untuk menjaga mesin mobil agar tetap awet adalah hal yang sangat penting. Sebab, oli yang tepat akan dapat membantu mesin dapat bekerja secara maksimal dan lebih tahan lama. Oli terbaik belum tentu adalah oli yang paling mahal. Asalkan oli yang kamu gunakan adalah oli original dan juga memiliki spesifikasi oli yang sesuai dengan kebutuhan kendaraanmu, maka oli tersebut adalah yang terbaik untuk kendaraanmu.

Yap, oli memang memiliki peran penting untuk menjaga keawetan mesin. Namun, hanya memperhatikan oli saja tidak akan begitu saja membuat mesin mobilmu awet dan terbebas dari masalah. Sebab, ada berbagai penyebab kerusakan mesin mobil yang tidak terkait dengan oli, di antaranya:

  • Overheat

Bukannya mobil overheat berarti memang ada yang tidak beres pada mesin? Yap, untuk mobil keluaran baru hal itu memang benar. Sebab mobil keluaran baru pada umumnya memiliki sebuah sistem khusus yang akan menon aktifkan mesin secara perlahan ketika temperatur mesin mulai tinggi. Namun, pada mobil keluaran lama sistem ini belum ada. Hal inilah yang menyebabkan mesin mobil bisa mengalami masalah overheat saat menempuh kemacetan panjang dan lama, apalagi di cuaca panas terik yang semakin meningkatkan suhu mesin. Dalam kondisi seperti ini, Anda harus segera meminggirkan mobil dan mematikan mesin untuk mendinginkannya. Sebab jika tidak dilakukan pendinginan, overheat ini akan berisiko menyebabkan kerusakan beberapa komponen dan bahkan, bisa menyebabkan munculnya api.

  • Kelebihan muatan

Setiap mobil pasti sudah memiliki batasan berat muatan yang dapat diangkut. Sayangnya, dalam beberapa kondisi, Anda mungkin menggunakan mobil untuk mengangkut muatan dengan jumlah yang lebih banyak dari kapasitas maksimalnya. Hal ini mungkin terlihat bukan masalah, apalagi mobil masih bisa melaju dengan normal. Namun, jika hal ini sering dilakukan akan mempercepat kerusakan mesin karena harus menahan beban yang melebihi kemampuannya. Bahkan, dalam kondisi parahnya adalah mobil harus mengalami turun mesin.

  • Tidak mengganti komponen secara rutin

Ada beberapa komponen pada mobil yang harus diganti secara rutin setiap hari. Dengan mengabaikan hal ini, maka Anda akan mempercepat kerusakan beberapa komponen. Misalnya saja ketika Anda tidak mengganti komponen oil filter, maka akan membuat oli yang masuk ke area mesin tidak mengalir maksimal sehingga oli tidak bisa menjalankan fungsinya untuk melumasi mesin.

  • Penggunaan komponen palsu

Hati-hati saat memilih komponen untuk mesin mobil Anda, jangan hanya melihat harga tanpa memperhatikan keaslian komponen tersebut. Sebab, komponen palsu tidak hanya mudah rusak saja, tetapi juga bisa berisiko merusak komponen lain yang ada di sekitarnya.

Nah, sudah tahu kan kalau ternyata merawat dan menjaga keawetan mobil nggak cukup dengan menggunakan oli mesin terbaik saja. Jadi, yuk sayangi kendaraan Anda dengan menghindari ke-4 hal di atas. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *