Penyakit Pernafasan Manusia

Sistem pernafasan memastikan tubuh memiliki oksigen yang cukup. Organ-organ dalam tubuh manusia membutuhkan oksigen untuk berfungsi dengan baik. Oksigen yang masuk ke tubuh disebarkan dengan bantuan darah. Penyebaran oksigen ini akan terganggu jika adanya gangguan pada sistem pernafasan. Hingga saat ini sudah banyak nama-nama penyakit pernafasan baik yang sudah biasa atau asing terdengar.  Penyakit pernafasan yang paling ringan dan paling sering menyerang adalah pilek. Selain pilek tentu masih ada penyakit pernafasan lainnya  baik yang ringan ataupun berat.

Beberapa Penyakit Pernafasan pada Manusia

Berikut ini beberapa penyakit pernafasan Manusia yang umum terdengar

Asma

penyakit pernafasan asmaAsma memiliki gejala susah bernafas yang dikarenakan adanya penyempitan saluran trakea yang hiperaktivitas pada sebuah rangsangan seperti debu, bulu binatang, cuaca dingin, kecapean, asap atau penyebab lainnya. Selain karena ada rangsangan, ternyata asma juga bisa terpicu oleh suasana hati seperti stress, khawatir atau marah yang berlebihan. Memang asma hanya menyerang sementara namun serangan bisa menimbulkan perasaan panik. Selain kepanikan, bila tidak langsung ditolong asma bisa merengut nyawa. Untuk pencegahannya adalah menghindari rangsangan yang bisa memicu serangan asma dan selalu memabwa obat anti asma kemana pun Anda pergi. Untuk obat, disarankan mencari obat hirup karena reaksinya lebih cepat daripada obat yang diminum.

Bronchitis

Bronchitis adalah nama dari penyakit pernafasan dimana adanya perandangan pada bronkus. Apa itu bronkus? Bronkus adalah salah satu dari 2 cabang besar trakea yang dilalui oleh udara yang menujuh dan dari paru-paru. Penyakit ini pada umumnya menyerang para perokok aktif dan pasif. Selain itu orang yang memiliki resiko terkena penyakit ini adalah pasien sinusitis kronis, mudah terserang alergi dan ISPA kepanjangan. Penyakit ini harus segera diobati. Untuk yang dipicu oleh alergi, disarankan untuk menghindari pemicu alergi tersebut. Untuk pasien yang lanjut usia, perlu perawatan dan perhatian khusus karena bisa menyebabkan komplikasi penyakit lain. Miliki gaya hidup sehat dan tinggal di lingkungan yang memiliki udara segar.

TBC

Siapa yang tidak kenal dengan TBC, penyakit yang sudah terdengar dari dulu dan telah meneran banyak korban. TBC merupakan penyakit yang dipicu oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit pernafasan yang bisa menular melalui udara. TBC akan membuat penderita mengalami penurunan bobot yang cukup drastic, nafsu makan semakin berkurang secara berkala, batuk disertai sakit pada dada dan sesak nafas. Ketika infeksinya semakin parah, batuk bisa disertai dengan darah. Untuk penderita TBC lakukan pengobatan secara rutin dan tinggal di lokasi yang memiliki udara bersih. Sedangkan untuk pencegahannya, milikilah gaya hidup yang sehat. Selain beberapa penyakit pernafasan di atas, ada penyakit pernafasan yang disebabkan adanya virus yang terjadi khususnya pada anak-anak bahkan pada bayi. Nama nya adalah Respiratory Syncytial Virus atau RSV, di mana Respiratory Syncytial Virus (RSV) pada Bayi harus diwaspadai oleh para orang tuan karena akan mengakibatkan infeksi pada paru-paru dan saluran pernafasan pada bayi. Semoga artikel informasi kesehatan ini membantu. Dan jangan lupa tetap miliki gaya hidup sehat agar terhidar dari penyakit pernafasan. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *