Pentingnya Perencanaan Bisnis

Membangun bisnis bukan sebuah hal yang mudah. Anda memiliki ide yang luar biasa? Tentu pasti ada, karena proses pertama dalam memulai sebuah bisnis adalah ide. Namun ide yang luar biasa bukan modal yang cukup. Percayalah bahwa Anda bukan satu-satunya yang memiliki ide. Yang munkin membedakan Anda dari orang lain adalah Anda mau mewujudkan ide tersebut dan Anda memiliki perencanaan yang matang.

Alasan Perencanaan Penting Dalam Membangun Bisnis

Perencanaan bisnis bisa diibaratkan sebagai proposal, mungkin banyak orang yang malas dan berpikir kenapa harus susah-susah membuat sebuah proposal, mending langsung wujudkan saja. Apa pun bisnis yang ingin Anda lakukan, Anda perlu membuat perencanaan. Kenapa perlu? Ini alasannya:

Reminder Bisnis

Manusia sering lupa. Kan tidak lucu bila ide yang hebat ini tidak bisa diwujudkan atau gagal hanya karena ada hal-hal yang Anda miss karena lupa. Jadi dengan menuangkannya ke kertas, Anda akan direminder terus menerus akan ide dan hal-hal yang perlu dilakukan untuk mewujudkannya.

Untuk Membuat Peningkatan dalam Bisnis

Dari perencanaan yang sudah dibuat, Anda bisa membaca ulang lagi dan meminta bantuan orang lain untuk mengreviewnya sehingga Anda tahu bagian dari perencanaan Anda yang perlu diperbaiki agar bisnis impian Anda terwujud dan bisa berjalan dengan mestinya.

Propsoal Ke Investor atau Partner Bisnis

membangun bisnisProposal / perencanaan bisnis yang sudah jadi dan tersusun dengan rapi bisa digunakan ketika Anda ingin mencari investor atau partner bisnis. Orang tidak akan sembarangan menginvestasikan uang mereka, mereka ingin sebuah yang pasti dan cara Anda untuk menyakinkan mereka adalah dengan proposal yang sudah tertata rapi untuk menunjukan kesiapan Anda dalam membangun bisnis dan menjalankannya.

Proposal Ke Lembaga Keuangan

Dalam membangun bisnis, modal yang dibutuhkan tidaklah sedikit apalagi jika bisnis yang ingin dibangun adalah bisnis dengan skala besar. Modal uang di dapat dari simpanan diri sendiri dan partner, investasi dari investor dan pinjaman.

Dalam melakukan pinjaman terutama  dari Lembaga keuangan seperti Bank, Anda perlu memenuhi kelengkapan data yang diminta. Salah satu hal yang mereka pasti minta adalah proposal / perencanaan bisnis Anda. Dari sana mereka akan melihat visi, misi, rencana, pengeluaran, perhitungan laba dan hal lainnya yang diperlukan.

Dalam proposal tersebut juga perlu tercantum, gimana laba bisa didapatkan dan kapan. Hal ini dibutuhkkan karena mereka ingin ada kepastian bahwa uang yang mereka tanamkan dalan bisnis Anda akan kembali lagi dan mereka akan mendapatkan untung. Dalam menyusunnya jangan berandai-andai namun Anda perlu melihat dari sudut pandang realita.

Sekarang tahukan kenapa perencanaan bisnis itu penting ketika Anda ingin membangun bisnis. Apalagi jika kita merencanakan Membangun Bisnis sambil Menjadi Karyawan.Samapi jumpa dia artikel informasi bisnis lainnya –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *