Pentingnya Peralatan Memasak yang Aman

Peralatan memasak yang dijual di pasaran semakin beragam. Dalam memilih peralatan masak yang akan digunakan, pembeli perlu memperhatikan beberapa hal. Arimbi Nimpuno, penulis buku kuliner dan gaya hidup menuturkan bahwa jangan asal praktis dan mudah saja karena memilih peralatan memasak yang aman dan tepat itu penting.

Kriteria Memilih Peralatan Memasak yang Baik

Berikut ini beberapa kriteria peralatan masak yang perlu Anda perhatikan:

  • peralatan memasakCari peralatan masak yang bisa berfungsi maksimal
  • Memberikan tingkat kematangan yang sempurna walaupun proses memasaknya dengan api sedang
  • Tidak mempengaruhi kualitas makanan
  • Tidak mudah rusak
  • Tidak luncur karena warna peralatan masak yang luntur tentu akan mempengaruhi kualitas makanan
  • Tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh

Bagi Anda yang memiliki dapur mungil, lebih baik mencari peralatan yang multi fungsi dan mudah disimpan contohnya daripada membeli flying lebih baik 1 panci atau kuali yang bisa digunakan untuk mengoreng dan memasak sup.

Jenis Materi Peralatan Memasak

Selain mengecek kriteria di atas, Anda juga perlu memperhatikan jenis materi yang digunakan peralatan yang akan Anda beli.

Aluminium

Aluminium merupakan penghangtar panas yang baik sehingga panasnya lebih cepat merata. Sayangnya jenis mental ini mudah aus. Saat membeli peralatan dengan bahan aluminium hal yang harus diperhatikan:

  • Cari yang tebal agar tidak cepat aus.
  • Jangan menggosok terlalu kuat hingga meninggalkan goresan.
  • Jika Anda menggunakan peralatan masak dengan bahan metal ini, hindari memasak telur, sayur berdaun hijau, timat dan angur karena dapat merubah warna makanan tersebut.
  • Teflon anti lengket merupakan panci aluminium yang sudah dilapisi sehingga tidak merusak kualitas makanan.

Tembaga

Beli yang sudah dilapisi dengan stainless steel agar tidak merusak kualitas makanan, mudah dibersihkan dan tahan lama. Jika tidak ada lapisan stainless steel, disarankan untuk tidak membelinya karena tembaga dapat merusak kualitas makanan.

Stainless steel

Stainless steel merupakan bahan yang aman dipilih karena tidak bahan metal ini tidak memberikan reaksi terhadap bahan makana sehingga tidak merusak kualitas makanan. Selain itu bahan ini juga lebih awet. Kekurangannya adalah kurang cocok untuk menghantarkan panas sehingga panasnya kurang merata.

Jika Anda ingin menggunakan peralatan berbahan metal ini carilah yang sudah dicampur dengan tembaga alias tidak 100% pure stainless steel. Atau gunakan minyak dalam jumlah banyak ketika memasak menggunakan peralatan 100% pure stainless steel.

Baja

Seperti bahan stainless steel, bahan ini juga agak lambat menghantarkan panas sehingga butuh waktu agak lama. Masalah lainnya adalah bahan ini mudah berkarat dan bereaksi pada makanan yang mengandung asam. Agar awet oleskan minyak sayur sebelum digunakan. Oleskan minyak sayur lagi ketika peralatan baja akan disimpan setelah dikeringkan.

Tips tambahan : agar peralatan memasak seperti panci dan kuali Anda tidak cepat rusak, coba gunakan spatula berbahan kayu, plastik atau stilikon. Semoga artikel ini membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *