Pentingnya Nutrisi di dalam Asam Folat Bagi Ibu Hamil

asam folatGizi ibu hamil sangat perlu diperhatikan selama masa kehamilan. Bahkan salah satu artikel pada website Prenagen menuliskan bahwa Asam Folat sangat berperan dalam membantu perkembangkan bayi terutam dalam proses pembentukan tabung saraf. Kekurangan asam folat saat hamil mengakibatkan anencephaly penyakit karna cacat pada tabung saraf yang memicu ke masalah tulang belakang dan otak. Selain itu Asam Folat bisa membantu meminimalis keguguran selama proses kehamilan, bayi terlahir dengan masalah berat rendah dan prematur. Selai, akibat kekurangan asam folat saat hamil

Wow, betapa hebatnya asam folat ini. Bahkan jika mencari info lebih lanjut, Anda akan menemukan bahwa CDC Amerika Serikat merekomendasikan wanita untuk mengkonsumsi Asam Folat 0,4 mg perhari sebelum hamil. Oke, klo berdasarkan Angka Kecukupan Gizi Indonesia gimana? Sama dengan CDC Amerika Serikat. 0,4 mg Asam Folat perhari intuk wanita yang belum hamil. Jika sudah hamil gimana? Konsumsi asam folatnya menjadi 0.2 mg perhari. Namun untuk lebih amannya lakukan konsultasi pada dokter kandungan karna setiap ibu hamil memiliki kondisi tersendiri yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan jumlah Asam Folat yang perlu dikonsumsi perharinya.

Makanan apa saja yang mengandung Asam Folat? Sereal terutama yang terbuat dari gandum (pastikan saat beli dicek apakah sereal tersebut mengandung asam folat atau tidak), hati sapi,brokoli, asparagus, bayam, brokoli, lobak hijau, jagung, pepaya, pisang, alpukat , jeruk, produk susu, kacang-kacangan, dan masih banyak makanan lainnya.

Perlukah Mengkonsumsi Asupan Asam Folat dari sumber lain seperti suplemen atau susu? Wah, hal ini perlu banget apalagi jika Anda tidak bisa mengkomsumsi dengan cukup asam folat. Apalagi pada saat trimester pertama.  Sekarang susu kehamilan seperti Prenagen sudah bisa dijadikan sebagai asupan tambahan pada pasa kehamilan karna gizi ibu hamil sudah diperhitungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *