Pentingnya Memiliki Disaster Recovery Center untuk Bisnis

Kebutuhan akan data center di Indonesia memang semakin besar. Hal ini terlihat dari makin luasnya wilayah bisnis data center, tidak hanya di Jakarta saja namun saat ini kita juga bisa menemukan data center Bali untuk memenuhi kebutuhan data center di wilayah yang menjadi market bisnis ke-2 di Indonesia tersebut. Salah satu kebutuhan data center sendiri adalah sebagai Disaster Recovery Center (DRC). DRC adalah satu fasilitas yang berfungsi sebagai backup data pada saat terjadi gangguan pada pusat data utama suatu perusahaan, yang bisa disebabkan oleh bencana alam dan lainnya.

disaster recovery centerDengan adanya DRC diharapkan dapat membuat bisnis bisa tetap berjalan atau setidaknya bisa kembali beroperasi dalam waktu yang singkat setelah terjadinya bencana. Misalnya saja saat terjadi banjir atau yang merendam seluruh kantor, data-data perusahaan aman tersimpan dan dapat diakses kembali dalam waktu yang cepat. Sehingga kegiatan bisnis bisa kembali berjalan, meski dalam keadaan yang sangat minimal, dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Selain sebagai backup data, memiliki DRC juga penting untuk memberikan rasa aman bagi para pegawai, pelanggan, serta investor dari bisnis. Rasa aman dan kepercayaan dari investor dan pelanggan tentunya sangat penting bagi keberlangsungan bisnis. Dengan adanya DRC, para investor tidak perlu takut investasinya pada perusahaan akan berbuah pada kerugian karena bisnis tersebut tetap dapat berjalan meski terkena bencana.

Untuk idealnya, Disaster Recovery Center ini tidak berdiri sendiri. Selain DRC, perusahaan biasanya juga memiliki strategi lain dalam menghadapi bencana yakni Business Continuity Plan (BCP). Bila DRC lebih menitik beratkan pada bagian IT perusahaan, maka BCP lebih menitik beratkan pada sistem operasional bisnis. Misalnya saja berupa aturan dan prosedur yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa bisnis tetap dapat berjalan selama dan setelah becana terjadi. Prosedur ini bisa saja berupa pengantian staff, hingga perubahan manajemen.

Melihat keadaan negara Indonesia, terutama Jakarta, yang sering terkena bencara banjir beberapa tahun belakangan ini, maka tidak salah bila memiliki Disaster Recovery Center ini menjadi hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap perusahaan. (raw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *