teralis
Properti

Pentingkah Memasang Teralis di Rumah?

Ada banyak hal yang harus dipikirkan saat ingin membangun atau merenovasi rumah. Dari mulai desain interior, jumlah ruangan, material kusen yang digunakan seperti kusen UPVC atau material lainnya, ukuran taman, dan sebagainya. Namun, di antara sekian banyaknya hal yang harus diperhatikan, ada satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan, yaitu teralis jendela.

Hmm, mungkin Anda berpikir apakah bagian rumah tersebut memang penting? Karena jika melihat banyak rumah yang dibangun oleh developer property saat ini, justru tidak menggunakan teralis jendela. Berarti tidak harus ada dong?

Memang tidak salah jika Anda berpikir begitu. Namun sebenarnya pada beberapa kondisi teralis merupakan bagian yang sangat penting dan berkaitan dengan keselamatan penghuni rumah. Sebab teralis bisa menjadi penghalang yang cukup efektif untuk mencegah berbagai pihak tidak bertanggung jawab masuk ke dalam rumah.

Adanya teralis ini akan membuat seseorang tidak bisa sembarangan masuk ke dalam ruangan meskipun sudah menjebol jendela. Memang bukan berarti tidak bisa masuk sama sekali, tapi setidaknya teralis bisa memperlambat mereka masuk sehingga Anda bisa punya waktu lebih untuk mengambil tindakan cepat. Misalnya dengan menghubungi tetangga dan meminta bantuan.

Lalu, kriteria rumah seperti apa sih yang membutuhkan dan tidak membutuhkan teralis?

Sesuai dengan manfaatnya untuk mengamankan, tentu saja kriteria utamanya adalah keamanan lingkungan. Untuk Anda yang memiliki rumah di area cluster dengan penjagaan ketat, penggunaan teralis tidak terlalu dirasakan manfaatnya. Sebab kemungkinan adanya tamu tak diundang datang ke area rumah Anda bisa dibilang sangat kecil. Namun jika Anda tinggal di area cluster dengan penjagaan yang kurang begitu ketat, pemasangan teralis sebenarnya masih tetap dibutuhkan. Namun ada baiknya jika Anda mengonsultasikan terlebih dahulu pada pihak pengembang atau developer. Sebab ada beberapa developer yang melarang perubahan pada rumah yang ada di satu area.

Jika Anda tinggal di areae perumahan biasa dan sistem pengamanannya hanyalah siskamling atau hansip yang berkeliling, maka teralis menjadi bagian yang sangat penting di rumah. Sebab pada area seperti ini, orang cenderung dapat keluar masuk ke area sekitar rumah dengan bebas. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *