Pengobatan Penyakit Tumor Otak

Penyakit tumor otak adalah penyakit dimana sel – sel pada salah satu bagian otak menjadi abnormal. Pada umumnya tumor terbagi menjadi 2 jenis yaitu

Tumor Otak Primer

penyakit tumor otakTumor otak primer merupakan tumor yang timbul dari sel, pembuluh darah, syaraf atau selaput otak sendiri. Tumor otak jinak tidak memilii sel kanker sehingga pertumbuhan lambat namun tetap berpotensi merusak walaupun tidak menyebar ke jaringan otak sekitarnya. Sedangkan tumor otak ganas yang memiliki sel kanker memiliki proses pertumbuhan yang cepat dan bisa menyerang jaringan disekitarnya.

Tumor Otak Sekunder

Tumor otak sekunder merupakan tumor otak yang muncul karena adanya penyebaran sel kanker dari bagian tubuh lain seoperti (paru – paru, usus besar dan lainnya).

Apapun jenisnya ke-2 tumor ini berbahaya bagi kita apalagi tumbuhnya di otak. Ingat otak merupakan organ penting manusia yang mengatur setiap sistem tubuh.

Mengatasi Penyakit Tumor Otak

Berikut ini beberapa cara pengobatan tumor otak:

Pengobatan Medis

Untuk menyebuhkan penyakit ini, medis sudah memunculkan berbagai pilihan yang dapat kita pilih seperti

  • Operasi Bedah – Merupakan cara yang banyak dilakukan. Dokter akan melakukan bedah lalu mengeluarkan sel yang sudah terkena sel kanker. Sistem ini terus dikembangkan agar meminimalis cedera pada otak. Operasi ini tidak akan disarankan jika ternyata tumor otak berukuran kecil dan terletak di posisi dalam.
  • Bedah Radio – merupakan cara tanpa menggunakan pisau bedah yang biasanya disebut dengan nama Gamma Knife. Gamma Knife alat pengobatan tumor otak dan kelainan otak lainnya. Sinar yang dikeluarkan mesin ini akan ditembakan langsung ke dalam tumor untuk menghancurkannya. Dalam menjalani bedah ini, pastikan Anda siap pusing untuk beberapa saat.
  • Kemoterapi – cara pengobatan menggunakan obat untuk melawan kanker dan tumor. Obat – obat yang diberikan bertujuan utnuk menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Kadang – ladang sel rambut dan aktif lainnya juga bisa diserang obat ini jadi bersiaplah melihat rambut rontok dan tubuh cepat lesu.

Makanan Sebagai Obat Melawan Penyakit Tumor Otak

Teh Hijau / Green tea dari Jepang

Teh ini sangat dikenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Sangat baik diminum 2-3 cangkir sehari. Setelah 10 penyeduhan, teh ini akan melepaskan katekin sehingga bisa dibilang saat ini adalah saat yang tepat untuk meminumnya. Jangan sampai menunggu 1 jam, baru minum karena sudah tidak ada khasiatnya.

Jus Delima

Dikatakan minum setiap hari mampu menahan perkembangan dan penyebaran kanker. Konsumsi jus delima bersamaan dengan sarapan kita.

Jahe Segar

Tambahkan parutan jahe dalam masakan Anda atau iris 1 inci jahe dan seduh dengan air mendidih selama 10 – 15 menit. Jahe membantu memperlambat pertumbuhan kanker.

Kunyit

Campurkan 1 sendok teh bubuk atau parutan kunyit dalam masakan atau minuman Anda. Masakan  tumis daging dengan kunyit sangat enak terutama dimakan dengan nasi panas.

Sayuran dan Bawang

Makan SehatSayuran sepertu kubis, bok choy, kubis cina, brokoli, kembang kol sudah terkenal sebagai sayuran yang dapat membantu tubuh melawan kanker. Mereka mengadung sulforaphane dan indole-3-carbinols yang merupakan molekul anti kanker.

Dilarang merebus sayuran karena akan menghilangkan zat pentingnya. Lebih baik disteam atau di timos bentar dengan minyak zaitun. Tidak ada salahnya menambahan bumbuh alami lain seperti baying putih, bawang merah dan daun bawang yang juga memiliki zat anti kanker.

Ikan

Masukan menu ikan seperti ikan teri, mackerel, salmon dan salden. Ikan –ikan ini mengandung omega yang baik untuk tubuh. Ikan bisa dicampurkan dalam masakan tumisan, buat sup dan disteam.

Buah

Buah seperti jeruk (apapun jenisnya), lemon, keluarga beri (stoberi, raspberry, blueberry, blackberry dan cranberry). Makan langsung, dibuat salad buah atau di jus tanpa gula dan susu.

Makanan – makanan ini akan membantu tubuh kita melawan penyakit tumor otak atau jenis lainnya.

Banyak cara yang bisa digunakan. Pastikan cara pengobatan yang dipilih harus ditompang dengan mengkonsumsi makanan – makanan yang antikanker. Dan disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gula terlalu banyak. Ingat penyakit kanker otak atau lainnya harus dilawan dengan semangat –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *