Pemilik Rental Mobil Harus Waspada

Bisnis rental mobil Jakarta sudah semakin berkembang seiring semaking meningkatnya permintaan masyrakat akan mobil yang bisa disewa. Kebanyakan mobil yang disewakan adalah mobil – mobil keluarga besar yang mampu menampung 7-8 orang seperti Avanza, Xenia, Alphard atau Vellfire. Dari semua mobil, Alphard dan sedan merupakan mobil yang banyak disewa untuk acara khusus seperti pernikahan.

Dengan berkembangnya bisnis rental mobil, ternyata menarik minat orang yang ingin kaya dengan jalan pintas. Sehingga para pemilik bisnis rental mobil harus waspada karena semakin berkembangnya sebuah bisnis, muncul juga berbagai masalah. Salah satu masalah yang gawat adalah penipuan dan pencurian yang dilakukan oleh beberapa pihak kepada pemilik binis rental mobil.  Contoh beberapa penipuan dan pencurian di Indonesia yang berhasil dibongkar:

rental mobil

Pada tahun 2009, terjadi pencurian mobil sewa di daerah Surakarta. Pencurian dan penipuan ini dilakukan dengan mulus hingga akhirnya terungkap oleh polisi. Tersangka berpura-pura menjadi penyewa yang menyewa lima mobil dari seorang pemilik rental mobil. Mobil-mobil yang disewa kemudian langsung dijual dan digadaikan dengan harga lebih murah kepada pihak lain.

Pada tahun 2012, polisi kembali berhasil menangkap pelaku penipuan mobil sewa yang dilakukan di daerah Bogor. Pelaku menyewa 3 jenis mobil yaitu Daihatsu Xenia, Toyota Fortuner dan Rush yang kemudian dijualnya kepada pihak lain.

Di tahun 2013, Polsektro berhasi membekuk dua tersangka penipuan dan pencurian mobil sewa di Jakarta. Modus yang dipakai tetap sama dimana pelaku berpura-pura menjadi penyewa mobil dan beberapa hari kemudian, dia mengadaikan mobil yang disewanya untuk mendapatkan uang.

Pada tahun 2014, terjadi serangkainya pencurian mobil di Bekasi. Dan menurut Polsek Bekasi, beberapa pelaku pencurian sudah ditangkap dan sedang ditindak lanjuti di pengadiran.

Bila dilihat contoh kasus di atas, skema urutan pencurian:

  1. Berpura-pura menjadi penyewa
  2. Menyewa salah satu mobil (jumlah bisa 1 atau lebih)
  3. Membuat penyewa percaya dengan surat-surat palsu
  4. Mendapatkan mobil sewaan
  5. Mobil sewaan dijual

Sebagai pemilik bisnis rental mobil, tentunya kita harus Asuransikan Mobil Rental Anda untuk menghindari kerugian ketika mobil ilang baik karena pembobolan atau penipuan. Dan mulailah seleksi dalam pemilihan penyewa, jangan sampai kita mendapatkan penyewa yang merupakan penipu. Ada baiknya kita minta semua surat keterangan penting seperti KTP, Pasport, SIM, Kartu kelurga, Foto asli, alamat lengkap dan hal lainnya untuk memastikan bahwa kita bisa menemukan si penyewa bila dia tidak mengembalikan mobil yang dia sewa.

Sangat disarankan, kita mengambil foto penyewa bersama mobil yang disewanya. Foto ini bisa menjadi portofolio sekaligus bukti wajah penyewa yang bisa diberikan kepada polisi bila ternyata dia adalah penipu. -hm-

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *