Panduan Mempersiapkan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

menyiapkan makanan bumil

image source: food safety training and certification & fda

Mengonsumsi makanan sehat yang wajib ada dalam daftar menu ibu hamil memang sangat dianjurkanselama masa kehamilan. Selain menyehatkan, makanan tersebut dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil, sehingga membantu proses tumbuh kembang janin di dalam rahim. Di samping itu, dengan memilih makanan sehat untuk ibu hamil muda yang kaya akan kandungan nutrisi seperti protein dan kalsium bisa membentuk jaringan otak dan tulang janin. Dan jika makanan sehat yang dikonsumsi mengandung asam folat tinggi, maka dapat mencegah terjadinya cacat lahir.

Meski makanan sehat memberikan sejumlah keuntungan bagi ibu hamil maupun janin yang dikandung, tapi pada saat mempersiapkan makanan tersebut baiknya ibu hamil harus memerhatikan beberapa panduan terlebih dahulu. Apa sajakah? Langsung kita simak penjelasannya di bawah ini:

  • Sebelum memasak sayuran dan buah-buahan yang dijadikan sebagai sumber nutrisi, ada baiknya Ibu mencuci seluruh bahan tersebut. Ini penting dilakukan agar sisa tanah yang mengandung toksoplasma tidak terbawa bersama dengan makanan. Toksoplasma sendiri merupakan sebutan bagi parasit yang sangat berbahaya untuk tubuh khususnya janin, sebab parasit ini bisa menyebabkan infeksi.
  • Pisahkan seluruh makanan mentah khususnya daging dan makanan siap makan di lemari pendingin. Penting, kah? Yap, jawabannya sangat penting, sebab dengan melakukan ini Ibu bisa terhindar dari penyakit berbahaya yang berasal dari makanan mentah seperti E.Coli, Campylobacter, dan Salmonella.
  • Pastikan Ibu menggunakan talenan berbeda untuk memotong daging maupun bahan makanan jenis lainnya. Mengapa? Ini bertujuan agar parasit yang menempel pada daging tidak tertinggal di talenan, sehingga tidak akan membahayakan kesehatan tubuh maupun janin.
  • Saat memasak daging dan telur, pastikan Ibu memasaknya sampai benar-benar matang. Lantaran, daging maupun telur yang masih mentah biasanya berisiko terkandung bakteri toksoplasma yang mana bisa membahayakan kehamilan.
  • Cuci tangan sebelum memasak makanan yang akan dikonsumsi. Tangan yang bersih tentu terbebas dari kuman penyakit.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang bisa membahayakan janin seperti hati dan makanan mentah.

Itulah beberapa panduan yang bisa Ibu ikuti ketika ingin memasak makanan sehat saat hamil. Semoga bermanfaat! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *