Operasi Tumor Otak Lewat Lubang Hidung

Pada zaman mesir kuno, sebelum orang yang meninggal dijadikan mumi ada 1 tahap penting yang wajib dilalui. Tahap ini adalah mengeluarkan semua organ dan darah dari tubuh. Dan salah satu organ tubuh yang pasti dikeluarkan adalah otak. Untuk mengeluarkan otak, bangsa mesir kuno memilih menggunakan lubang hidung.

Cara kuno namun efektif yang digunakan bangsa mesir kuno ini menarik perhatian para dokter modern. Cara ini akhirnya menjadi acuan untuk mengembangkan dunia pengobatan. Dari berbagai riset akhirnya metode operasi tumor otak melalui hidung diciptakan. Metode operasi dari hidung mulai digunakan di beberapa negara maju. Dan di Indonesia sendiri, operasi otak melalui hidung mungkin sudah tidak asing karena beberapa rumah sakit ternama seperti Siloam sudah menggunakannya.

Gimana Cara Kerja Operasi Tumor Otak dari Hidung?

lubang hidungDULU – untuk operasi tumor otak pada kelenjar pituitari dan area lain yang ada di dalam tengkorak (tepat di belakang mata dan hidung), dokter akan melakukan craniotomy (operasi pembukaan tempurung kepala). Setelah melakukan craniotomy, dokter akan mulai operasi pengangkatan tumor otak. Namun dokter harus berhati-hati dalam setiap gerakannya karena area tersebut berdekatan dengan saraf dan pembuluh darah. Satu saja gerakan yang salah dapat membunuh pasien.

Nah, metode operasi melalui hidung ini tidak mengharuskan dokter melakukan craniotomy. Lalu gimana cara pengobatan metode baru ini? Operasi tumor otak hanya akan memasukan selang endoksopik kecil yang sudah dilengkapi dengan kamera teleskopis ke dalam lubang hidung.

Dengan cara ini, para dokter dapat meminimalkan dampak yang tidak diinginkan yang biasa terjadi bisa menggunakan operasi konvensional. Namun tidak berarti operasi ini 100% aman. Sama seperti operasi lain, operasi tumor otak melalui lubang hidung ini memiliki efek samping seperti infeksi, pendarahan, stroke dan kerusakan saraf optik mata. Jadi pastikan dokter yang bedah Anda adalah dokter yang sudah berpengalaman dalam operasi tumor otak melalui hidung.

Gimana cara cari dokter berpengalaman? Tanya langsung pada rumah sakit. Atau menggunakan sumber online dengan cara bertanya pada mbak Google atau mencari testimonial di forum-forum kedokteran dan kesehatan.

sampai jumpa di cara pengobatan tumor otak lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *